Fokus, Kunci Sukses Yang Sering Terlupakan

SIAPA sih yang tak ingin sukses? Kalau ditanyakan ke siapa saja, semua tentu ingin sukses pada bidang masing-masing. Pelajar dan mahasiswa sukses dalam pendidikan, pekerja sukses dalam melaksanakan tugas, pengusaha sukses dalam berusaha.

Ada begitu banyak petunjuk dan saran mengenai cara meraih sukses. Banyak pula kunci sukses yang diungkapkan para pakar. Nah, dari sekian banyak kunci sukses itu, ada satu kunci yang sering kali terlupakan saat proses atau usaha mencapai sukses itu justru sudah mulai ditempuh.

Mengapa fokus menjadi sangat penting jika kita sedang berusaha meraih sukses dalam satu hal? Ada beberapa pertimbangan yang perlu disimak.

1. Fokus pada Target

Buat rancangan target tujuan dan cobalah untuk mencapainya dengan selalu fokus pada tujuan tersebut agar hasilnya maksimal, sekecil apapun itu. Setelah tujuan itu tercapai segera lanjutkan dengan membuat target baru yang berhubungan dengan tujuan sebelumnya. Jangan untuk melirik kegiatan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan kita sebelumnya, karena bisa jadi itu akan membuat pikiran terbagi.

2. Mulai Dari yang Kecil

Dalam berusaha ada baiknya kita awali, mulailah dari hal kecil terlebih dahulu. Ini bisa melatih diri kita untuk bisa fokus kepada hal yang lebih besar nantinya. Jika dalam tahap berlatih ini kita berambisi untuk mencapai tujuan yang besar tanpa disertai pengalaman yang cukup, bisa-bisa akan mematahkan semangat jika kita gagal mencapainya.

3. Fokus Menuju Kesuksesan

Penting bagi kita untuk memulai belajar fokus dengan tujuan yang kecil terlebih dahulu, meski itu tujuan sepele, namun jika kita selalu fokus untuk mencapainya, lama-kelaman akan menjadi besar juga. Setelah itu terpenuhi maka pengalaman kita akan lebih dari cukup untuk mencapai tujuan yang jauh lebih besar.

4. Tetapkan Batas Waktu

Untuk melatih agar kita tetap fokus pada bidang bisnis yang dikerjakan adalah tetapkan batas waktu untuk setiap tujuan yang terencana. Ini bisa membantu memotivasi agar kita bisa menyelesaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Hal ini juga bisa membantu merancang target tujuan jangka panjang makin jelas, sehingga kita akan lebih semangat untuk selalu fokus pada kegiatan yang sedang dijalankan.

5. Jaga Semangat Dengan Motivasi

Siapapun dalam perjalanan atau usaha mencapai sesuatu sering mengalami pasang surut semangat. Jika semangat sedang menurun akan sangat mudah untuk kehilangan fokus pada tujuan yang sudah ditetapkan. Untuk itu kita harus bisa memotivasi diri agar semangat terpompa kembali. Ingatlah selalu akan impian yang menjadi tujuan utama kita berusaha.

6. Disiplin

Hindari segala hal yang mungkin bisa mengganggu fokus kita pada usaha yang sedang dijalankan dengan menerapkan disiplin pada diri sendiri. Seperti dengan membatasi waktu untuk hiburan ataupun kegiatan pribadi lainnnya. Utamakan selesaikan pekerjaan terlebih dahulu, lalu bisa menyisihkan waktu untuk kegiatan diluar bisnis lainnya, hal ini akan membutuhkan tingkat kedisplinan tinggi agar bisa sukses dalam hal membagi waktunya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles