Masih Ada Peluang Di Balik Pandemi

SEJAK memasuki masa pandemi hingga masa adaptasi kebiasaan baru, banyak yang terkena dampak kehilangan pekerjaan atau penghasilan. Namun jika mau jeli berusaha, di balik “musibah” selalu ada berkah yang bisa diraih asalkan kita kreatif. Diam-diam ternya ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan di era ketika pandemi belum bisa dipastikan kapan berakhir.

Pertama, usaha atau bisnis makanan. Sejak masa pandemi, banyak orang mengurangi makan di luar rumah. Ini menjadi peluang dengan menyediakan paket makanan baik yang siap santap maupun makanan yang bisa disimpan lama seperti frozen food.  Riset dari Mckinsey & Company menyebutkan bahwa 58% konsumen Indonesia memilih mengurangi frekuensi makan di tempat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Ini menjadi peluang usaha yang baik bahkan secara pribadi atau per orangan. Tentu tetap dengan menjaga kualitas dan ciri khas jualan, yang bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan jasa pesan antar yang banyak bertebaran.

Kedua, membuka usaha online. Siapa sangka, platform online sangat banyak membantu dan memang paling tepat memudahkan bisnis berjalan di masa pandemi. Kita bisa bekreasi dengan memproduksi bebagai produk dan kebutuhan mulai dari produk kebutuhan sehari-hari atau barang lainnya. Mulai dari kebutuhan keluarga, pakaian atau busana, hingga produk kesehatan yang banyak dibutuhkan saat ini seperti masker, hand sanitizer atau disinfektan. Tinggal memanfaatkan media sosial atau lapak e-commerce. Jika tidak bisa menjadi produsen, bisa juga menjadi dropshipper atau reseller

Ketiga, Membuat Konten. Isi waktu luang di rumah bisa menjadi peluang usaha juga. Bagi yang gemar menulis bisa membuat artikel atau tulisan, kemudian menjualnya atau posting di bog pribadi. Bisa juga dengan membuat berbagai video singkat yang bermanfaat seperti tutorial mengerjakan satu hal, yang tentunya akan dibutuhkan banyak orang. Konten seperti ini jika tidak dibawa atau dimuat di berbagai platform digital yang sudah, bisa juga dengan membuat vlog atau blog sendiri.Keempat, membuka lest privat. Di masa pandemi, banyak anak didik yang harus merasakan pembelajaran jarak jauh. Hal ini membuat orangtua kewaalahan membantu mengajari anak. Nah, jika kamu punya pengetahuan di bidang tertentu, membuka les privat atau secara online dapat menjadi solusi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles