Tetap Produktif #dirumahAja

MESKIPUN sebagian besar dari kita sudah kembali beraktivitas di luar rumah, bukan berarti kreativitas di masa pandemi jadi terhambat. Karena, situasi pandemi ini diperkirakan masih akan berlangsung sampai beberapa waktu ke depan. Kalau ngga urgent, kita pun masih disarankan untuk tetap sebisa mungkin memaksimalkan aktivitas kita dari rumah dan membatasi mobilitas serta menghindari kerumunan. Mungkin sebagian besar dari kita udah bosen banget karena udah hampir setahun kita #dirumahAja. Tapi ternyata, #dirumahAja bisa membawa berkah lho! Kamu bisa tetap produktif dan (bahkan) menghasilkan pundi-pundi uang tambahan dari beberapa kegiatan di bawah ini yang bisa kamu coba.

1. Menjadi Freelancer

Sekarang udah banyak banget nih bertebaran di internet jasa freelancer secara online. Enaknya menjadi freelancer, kamu bebas menentukan jam kerja, deadline, maupun fee-nya lho! Jenis pekerjaan yang dibutuhkan pun luas banget. Mulai dari desain, penulisan, penerjemah, hingga guru les online. Kamu cukup perluas skill kamu ya, sehingga cocok dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.

2. Menjadi Dropshipper

Peluang lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan jualan online. Dropship adalah model bisnis di mana kita menjual produk yang dibuat oleh pihak lain. Kadang kita “malas” untuk jualan online karena ngerasa modal minim, takut simpan stok banyak-banyak, ngga tau apa yang harus dijual, dan lain-lain. Tapiii…. dengan menjadi dropshipper, kita ngga perlu repot untuk simpan stok ataupun melakukan pengiriman. Semua akan dilakukan oleh pihak produsen. Kita hanya perlu pikirin produk apa yang mau kita jual. Kalau bisa sih yang kreatif ya, misalnya kita desain kaos dengan kata-kata unik dan lucu.

3. Jual barang preloved

#dirumahAja bikin kamu ngga ada kerjaan? Siapa bilang! Yuk, buka lemarimu dan mulai lakukan decluttering. Decluttering adalah kegiatan merapikan barang-barang yang sudah tidak kita butuhkan lagi. Betapa kamu akan terkejut ketika menemukan banyak pakaian, sepatu, tas, kosmetik, dan barang lainnya yang udah lama ngga kamu pakai (bahkan lupa) dan memenuhi lemari kamu. Mulai sortir masing-masing barang, yang masih layak pakai bisa kamu donasikan atau kamu foto dan jual. Kamu bisa menambah penghasilan sekaligus memperpanjang “hidup” dari barang kamu. Pakai barang bekaspun bisa tetap keren kok!

4. Jasa Penyewaan

Masih berhubungan dengan poin nomor 3, kalau kebanyakan barang kamu nganggur aja di rumah selama masa pandemi tapi masih akan terpakai nantinya, kamu bisa mulai sewain barang kamu. Mulai dari pakaian, mainan anak, buku bacaan, dan lainnya.

5. Online Volunteering

Pandemi membuat kegiatan kita jadi serba terbatas, termasuk melakukan aksi sosial. Namun, menjadi relawan ternyata sekarang bisa dilakukan secara online, lho. Ada beberapa institusi yang mulai melakukan kegiatannya secara online mulai dari mengajar, menjadi relawan sosial media, ataupun graphic designer. Selain berbuat kebaikan, kamu bisa memperluas kenalan kamu dengan sesama relawan.

Itulah beberapa peluang yang bisa kamu manfaatkan di masa pandemi ini agar tetap produktif. Pesan kami, kalo kamu masih punya pekerjaan utama, jangan sampai kegiatan ini jadi mengganggu pekerjaan utama kamu dan jangan lupa untuk membagikan rezeki lebih yang kamu miliki kepada mereka yang membutuhkan, ya. Selamat mencoba! ***

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles