Wah Ternyata Negara Yang Satu Ini Memiliki Penduduk Paling Bahagia Di Dunia!

Menjadi bahagia tentu saja merupakan keinginan semua orang di dunia ini. Ada berbagai faktor yang bisa membuat seseorang bahagia, entah faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor yang memengaruhi yaitu bagaimana kondisi tempat tinggal, atau bisa dibilang kondisi negara seseorang tersebut.

Oleh karena itu PBB melakukan survey untuk menentukan urutan negara yang memiliki penduduk paling bahagia di dunia. Untuk ini, Finlandia menempati urutan pertama dimana negara ini diklaim memiliki penduduk yang paling bahagia. Negara yang terkenal karena sistem pendidikannya yang terbaik di dunia ini, menempati posisi teratas dari 156 negara yang disurvei.

Pastinya kamu bertanya-tanya, mengapa Finlandia sampai dinobatkan sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia? Apakah penduduknya benar-benar bahagia? Kebahagiaan memang relatif, oleh karena itu seorang professor ekonomi dari University of British Columbia, John Hellwell, mewawancarai para penduduk dengan berbagai pertanyaan.

Pertanyaan-pertanyaan ini bisa menentukan level kebahagiaan para penduduk. Selain pertanyaan yang berkaitan dengan kebahagiaan, ada juga pertanyaan mengenai dukungan sosial, pendapatan, usia harapan hidup, hingga tingkat korupsi. Perlu diketahui jika yang diwawancara bukan hanya penduduk asli Finlandia saja, namun terdapat juga imigran. Ini membuktikkan bahwa kebahagiaan para penduduk tidak berkaitan dengan DNA dan sebagainya, namun memang karena cara hidupnya.

Negara yang terkenal dengan taman, seni budaya hingga museumnya ini, memang pernah menempati posisi sebagai negara teraman di tahun 2017, jadi tidak heran jika penduduknya hidup sejahtera. Dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta, Finlandia bisa menjamin para penduduknya memiliki kualitas hidup yang teratur dan jauh dari kata tidak bahagia.

Kamu pasti penasaran kan, kira-kira apa saja poin-poin penting yang mendukung kehagiaan para penduduk Finlandia? Berikut pembahasannya

1. Angka korupsi rendah

Korupsi sudah menjadi masalah setiap negara, terutama di Indonesia. Namun di Finlandia, angka korupsi sangat rendah, bahkan jarang ada kasus korupsi di negara ini. Karena rendahnya tingkat korupsi di negara ini, kepolisian di Finlandia disebut sebagai polisi paling dapat dipercaya di dunia.

Hampir tidak ada tindakan korupsi dan kebrutalan yang dilakukan oleh lembaga kepolisian Finlandia berdasakan hasil survei yang ada. Di Finlandia juga jarang terjadi kasus suap, penggelapan, penipuan dan penyalahgunaan jabatan. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa para penduduk Finlandia bisa merasa bahagia, karena memiliki para petinggi yang terpercaya dan aman di negaranya sendiri.

2. Kekuatan ekonomi

Mungkin banyak orang yang berpikir, dengan uang kita bisa membeli kebahagiaan dan sudah pasti orang yang bahagia memiliki uang yang banyak, namun pernyataan ini tidak berlaku di Finlandia. Tidak peduli seberapa kayanya suatu negara, namun akan sia-sia jika tidak mampu menangani ekonomi global saat tidak stabil.

Finlandia termasuk negara yang sering mengalami kemerosotan ekonomi dalam beberapa tahun ini, namun ajaibnya Finlandia mampu menstabilkan kembali kondisi perekonomian mereka dalam waktu yang cepat. Mungkin kamu berpikir jika penduduk Finlandia banyak yang hidup dalam kemiskinan akibat kemerosotan ekonomi ini. Namun faktanya, hanya sekitar enam persen populasi penduduknya saja yang hidup dalam kemiskinan.

Walaupun terdapat pajak yang tinggi kepada warganya, namun pajak ini dialokasikan dan diinvestasikan dengan bijaksana dan sedemikian rupa, sehingga mampu menciptakan program-program sosial yang berguna bagi para penduduk. Contoh program tersebut yaitu membentuk sistem jaminan sosial untuk menyediakan layanan kesehatan gratis, dukungan pengangguran, pendidikan tinggi gratis, bahkan persalinan gratis.

3. Kebebasan memilih

Di Finlandia, para penduduknya diberikan rasa kebebasan, terutama kebebasan dalam memilih. Kebebasan disini mencakup banyak hal, misalnya kebebasan secara fisik, kebebasan bersosialisasi hingga kebebasan memilih pemimpin di negara tersebut.  Di Finlandia, diterapkan sistem pemerintahan semipresidensial.

4. Kesejahteraan imigran

Tak heran mengapa banyak imigran yang datang ke Finlandia, inilah alasan mengapa Finlandia disebut sebagai negara yang sangat ramah dan akomodatif terhadap para imigran. Kehidupan para imigran bisa dibilang sejahtera, apalagi Finlandia menyediakan kelas bahasa Finlandia dan memberikan informasi mengenai kebudayaan dan kehidupan di Finlandia. Kalau begini, wajar ya Finlandia memegang posisi teratas sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Banyak sekali hal positif dari negara ini yang bisa diterapkan oleh negara lain terutama di Indonesia. Saat ini Indonesia menempati posisi 92, semoga saja semakin tahun akan semakin naik ya teman-teman. Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bisa membantu dan memberi wawasan baru kepada kalian semua.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles