5 Cara Ampuh untuk Terhindar Dari Job Burnout Saat WFH, Dijamin Berhasil

Yuk tingkatkan produktivitas kerja!

PSBB kembali diberlakukan di sejumlah daerah di Tanah Air. Hal ini dilakukan untuk mengurangi loncatan kasus covid 19 yang setiap hari kian meresahkan. Dengan adanya PSBB ini, segala aktivitas warga negara Indonesia tidak lagi sama, khususnya bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja kantoran.

Seperti yang diketahui, sebanyak 75% pekerja kantoran diminta untuk melakukan WFH atau bekerja dari rumah. Sebagian dari karyawan kantor menyambut hangat berita ini. Namun, tidak sedikit diantara mereka sedih dengan berita ini. Kenapa ya?

Pudarnya kewajiban sebagai tenaga ahli dan peran rumah tangga adalah penyebab utamanya. Hal ini menyebabkan hilangnya motivasi untuk bekerja. Mereka juga sulit untuk beradaptasi dengan teknologi baru ini, sehingga menurunkan produktivitas dan performa kerja. Lantas, bagaimana caranya untuk terhindar dari job burnout? Apa yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan produktivitas? Berikut rangkumannya.

#1 Buatlah jadwal harian dan daftar kegiatan yang harus dilakukan

Photo by Jessica Lewis on Unsplash

Sebagian besar orang mengalami job burnout saat WFH dikarenakan ritme pekerjaan yang tidak teratur. Kurangnya pengawasan dari bos atau atasan, membuat kita bingung untuk memulai pekerjaan dari mana. Semua pekerjaan seketika terasa sama-sama penting dan ingin segera mengerjakan semuanya sekaligus.

Untuk terhindar dari tugas yang menumpuk atau overload, sobat pedia bisa membuat jadwal harian dan daftar kegiatan pada malam sebelumnya. Prioritaskan tiga sampai empat hal penting yang harus dikerjakan disertai dengan deadline. Dengan demikian, sobat pedia dapat bekerja secara efektif.

#2 Matikan smartphone dan jauhkan diri dari distraksi lainnya

Photo by Solen Feyissa on Unsplash

Salah satu hal yang menantang dari WFH atau work from home adalah sobat pedia lebih dekat dengan distraksi, baik dari smartphone maupun dari pihak keluarga. Scrolling ria di TikTok atau Instagram, melihat video lucu, atau meladeni teman yang ingin curhat merupakan bentuk-bentuk kecil dari distraksi. Padahal, deadline sudah di depan mata nih. Alhasil, sobat pedia menjadi kelabakan mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai.

Matikan notifikasi media sosial atau aktifkan Do Not Disturb mode pada smartphone. Kemudian, komunikasikan kepada anggota keluarga bahwa sobat pedia sedang bekerja dan mintalah kerja sama mereka untuk tidak memasuki area kerja dalam rentang waktu tertentu. Dengan demikian, lingkungan sekitar menjadi kondusif dan sobat pedia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

#3 Dilarang untuk bekerja terus, ambil waktu untuk beristirahat

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Duduk berjam-jam di depan laptop atau PC menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Selain itu, otot akan mudah tegang dan membuat sobat pedia tidak nyaman. Cobalah ambil waktu untuk istirahat dengan melakukan peregangan atau stretching selama 5 menit sebelum kembali bekerja.

Hal lain yang bisa dilakukan selain stretching ialah berjalan di dalam rumah. Sekedar mengambil air dan mengobrol bisa menjadi istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi. Sobat pedia juga bisa tuh untuk berselancar sebentar di sosial media, tapi jangan kebablasan ya!

#4 Mandi dan kenakan pakaian yang sesuai

Photo by cottonbro from Pexels

Bayangkan burnout seperti api yang berada di atas kepala. Nah, untuk memadamkannya, gak ada salahnya kok untuk mandi atau sekedar membilas tubuh dengan air dingin. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan fokus dan membuat tubuh lebih fresh.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan pakaian yang tidak memberikan kesan yang santai. Hindari menggunakan baju tidur yang hanya akan menstimulasi pikiran untuk bermalas-malasan. Aturlah gaya berpakaian sobat pedia kurang lebih sama dengan saat berada di kantor. Dengan demikian, otak akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk tetap terjaga dan bekerja.

#5 Berikan waktu untuk bersosialisasi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Salah satu penyebab mengapa sobat pedia kerap kali mengalami job burnout ialah kurangnya interaksi tatap muka. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi dengan manusia lainnya. Dengan demikian, penting banget meluangkan waktu untuk bersosialisasi.

Sapalah anggota keluarga atau tetangga yang juga sedang WFH. Tanyakan bagaimana dengan harinya dan apa saja yang telah mereka lakukan seharian ini. Mendengarkan cerita dari orang lain akan meningkatkan mood atau suasana hati, dan membuat hari sobat pedia jauh lebih berwarna.

Itulah 5 tips yang bisa sobat pedia coba untuk terhindar dari job burnout. Intinya adalah bagaimana untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, serta diimbangi dengan interaksi di waktu istirahat. Semoga berhasil!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles