Cek Sudahkah Kita Memiliki 5 Faktor Sukses Terpenting ?

Siapa yang ingin sukses? pasti semua ingin sukses, lalu sukses seperti apa yang ingin kita ciptakan? Bagi seorang pelajar sukses yang bisa di wujudkan adalah berprestasi dalam pendidikan. Apakah itu cukup ? ternyata tidak cukup menjamin kesuksessan dalam kehidupan dan masadepan. Kita sering mendengar istilah “pendidikan tinggi tidak menjamin” nah itu tidak 100% benar karena sukses faktornya memang bukan cuma pendidikan tapi pendidikan tetap penting, banyak juga orang yang sukses karena pendidikan. Jangan sampai kita salah memaknai pernyataan tersebut ya, jadi sebagai pelajar berprestasi dalam pendidikan tetap penting.

Kalau untuk orang sukses di dunia hiburan mungkin mudah kita sebutkan karena setiap hari kita menonton acaranya, kalau untuk yang lain mungkin kita jarang mendapatkan seperti Bill Gates, Steve Jobs, Jeff Bezos , Mark Zukerberg atau tokoh dalam negeri seperti BJ. Habibie, Khairul Tanjung, Dr.Yogi Ahad Erlangga, Erick Tohir, Ibu Susi Pudjiastuti, dan banyak lain lagi yang sukses di bidangnya seperti para pengusaha muda yang tidak bisa disebutkan satupersatu.

Jadi kesuksessan bisa dari berbagai bidang, tentukan dari sekarang supaya makin jelas kemana masadepan kita akan tuju. Dan apapun bentuk kesuksessan dan bagaimanapun proses kesuksessan tersebut di wujudkan ada kesamaan mendasar yang membuat seseorang bisa mencapai kesuksessan. Thomas J Stanley, PhD JP.Moprgan yang meneliti 1001 responden, dimana 733 responden adalah Miliuner, mendapatkan ada 101 faktor yang mendukung kesuksessan seseorang, dan kita hanya akan mengupas 5 faktor sukses pertama dan mendasar yang sangat penting diantaranya :

  1. Bersikap jujur kepada semua Orang
  2. Mempunyai disiplin yang baik dalam seluruh aspek kehidupan
  3. Pintar bergaul
  4. Mempunyai pasangan hidup yang mendukung
  5. Bekerja lebih keras dari pada orang lain

Nah dari 5 faktor penting diatas yuk kita cek satu persatu dari 5 Aspek diatas mana yang ternyata masih kita masih harus tingkatkan atau mana yang sudah sangat bagus dan perlu terus di tingkatkan. Karena sebuah faktor diatas bukan bawaan lahir tapi bisa dilatih dari sejak dini atau kalau kita belum memulai bisa dilatih dari sekarang.

Bagaimana caranya mengukur dan mengetes 5 Aspek tersebut sudah ada dalam diri kita atau belum, kita bisa melakukan hal – hal sebagai berikut :

1. Jujur kepada semua Orang : apakah kita sudah jujur kepada semua orang atau belum, kita bisa lakukan hal berikut pada saat kita sedang di rumah dan kebetulan sekarang kan baru belajar Online kan, nah saat belajar Onlie kan pasti guru atau teman kita tidak tahu kita saat belajar pakai baju apa, apa celana pendek, panjang, atau duduknya sopan atau tidak. Atau pada saat kita ngantuk atau apa kita tutup videonya. Nah kalau kita mau belajar untuk jujur maka kita bisa mulai membiasakan saat belajar Online kita benar – benar berpakaian, bersikap, seperti halnya kita belajar Offline. Pakai baju yang rapi, dan Video di On-kan. Selain ini melatih kita untuk jujur juga menghormati diri sendiri. Kalau kita sudah terbiasa seperti ini maka kita akan secara otomatis juga melakukan hal yang baik dan jujur meski tidak dilihat Orang.

2. Mempunyai Disiplin yang baik : Melatih disiplin itu mudah apabila untuk tujuan dilihat orang atau mendapatkan apresiasi, tapi bagaimana kalau kita melakukan untuk diri kita dan bukan untuk mendapatkan apresiasi, misalnya selesai bangun tidur langsung berdoa atau tidak main media sosial selama sebulan atau tidak main games selama sedang pekan Ujian. Atau yang paling mudah adalah pada saat kita berada dijalan raya tidak ada polisi dan tidak ada pengendara motor atau sepeda, dan lampu merah apakah kita akan tetap menunggu hijau atau kita akan terus jalan, nah disitu kedisiplinan dan kejujuran kita di uji. dari hal – hal kecil yang kita bisa lakukan untuk mengubah hidup kita dari kita disiplin akan berdampak besar bagi kehidupan kita di masadepan.

foto : ist

3. Pandai bergaul, nah ini bagian penting sekali apalagi teman – teman hidup diera milenial dimana dunia sudah terbuka luas untuk bersosialisasi dan juga membangun hubungan pertemanan yang positif yang sejalan dengan kesuksessan kita. Coba kita hitung sampai saat ini teman dan sahabat kita berapa dan bagaimana kita berhubungan dengan mereka apakah baik, harmonis, saling support atau sebaliknya. Bahkan bila perlu bisa menanyakan bagaimana kesan teman – teman kita kepada kita ? apakah bagus atau kurang bagus supaya kita bisa bergaul dengan siapapun dengan baik dan mudah dalam menjalin kerjasama apapun

foto:ist

4. Mempunyai pasangan yang mendukung, pasangan disini tidak harus pacar atau istri ya, kalau kita masih pelajar bisa teman – teman disekitar kita. Menurut para ahli masa depan kita akan ditentukan oleh 5 Orang yang ada disekitar kita, nah sekarang coba cek 5 orang disekitar kita yang sering bersama kita siapa saja, pembicaraan yang kita obrolkan bersama teman – teman kita apakah hal positif atau hal negatif, dan kegiatan yang biasa kita lakukan bersama teman- teman kita apakah hal positif atau hal negatif ? maka itu akan menentukan siapa kita dan bagaimana masa depan kita 5 atau 10 tahun kedepan.

Foto : ist

5. Bekerja lebih keras daripada Orang lain , ini bukan berarti kita harus belajar dengan tanpa istirahat, begadang dan lupa makan, atau lupa yang lainnya ya. Kerja keras adalah melakukan sesuatu dengan penuh totalitas pada waktu dan saat yang tepat, sehingga hasilnya sesuai atau melebihi yang diharapkan namun juga menjaga keseimbangan hidup. Misalnya saat kita dapat tugas dari guru untuk mengerjakan tugas selesai 3 hari, maka kita kerjakan dengan sungguh – sungguh dalam 1 hari atau 2 hari dengan hasil terbaik, tanpa harus begadang. Orang yang hebat adalah orang yang bisa mengerjakan sesuatu lebih cepat dari orang lain, lebih banyak dari orang lain dan kualitas yang lebih baik dari oranglain dengan waktu yang sama yang diberikan

Foto : ist

Dengan mulai melatih 5 faktor sukses diatas, maka coba amati perubahan apa yang akan terjadi dalam sebulan, dua bulan, tiga bulan dan seterusnya, apalagi kalau hal tersebut dilakukan secara konsisten maka kita akan lihat apakah kita akan sampai dititik yang sama atau bahkan lebih baik dari orang – orang sukses lainnya tersebut dalam 5 atau 10 tahun kedepan. Sesuatu hanya bisa dirasakan apabila di coba dan dilakukan konsisten, dan di dunia ini banyak yang mempunyai keinginan besar namun hanya sedikit yang benar- benar mau melakukan. Nah kita semua termasuk yang mana ? untuk tahu hasilnya kita akan jumpa lagi 5 dan 10 tahun kedepan kita semua apakah sudah mencapai sukses atau mencapai yang kita harapkan atau belum. Salam

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles