5 Tips Cari Pengalaman Kerja sebelum Lulus

Mencari pekerjaan adalah masa yang harus dilalui setelah lulus kuliah. Terkadang pada tahap ini akan terasa cukup berat terlebih ketika kamu tidak memiliki pengalaman kerja. Karena saat ini banyak perusahaan yang mempertimbangkan calon pekerjanya dari segi pengalaman kerja yang dimiliki.

Supaya terhindar dari kesulitan mencari pekerjaan nantinya, ada baiknya kamu mengisi waktu luang yang ada dengan mengikuti beberapa kegiatan yang bermanfaat, seperti bergabung menjadi volunteer, magang, atau bahkan bekerja part time. Asal tahu saja, kegiatan ini bisa menambah daftar pengalaman kerjamu lho.

Biar kamu lebih jelas memahaminya, langsung saja simak pembahasannya pada poin-poin di bawah ini!

5 Tips Cari Pengalaman Kerja sebelum Lulus

  1. Bergabung sebagai Volunteer/Relawan

Meskipun sering diremehkan, ternyata bergabung menjadi volunteer/relawan dapat mempermudahmu mendapatkan pekerjaan, dibandingkan mereka yang tidak.

Sudah banyak perusahaan yang melirik calon karyawan dari pengalamannya sebagai volunteer atau relawan. Sebab ada banyak hal yang bisa dinilai dari kegiatan sebagai relawan, misalnya kerja keras, kesungguhan dalam melakukan pekerjaan, dan kemampuan teknik dasar, seperti menggunakan komputer, internet, smartphone, dan aplikasi kerja seperti Microsoft Office.

Tidak hanya menambah pengalaman, menjadi relawan juga turut membentuk beberapa soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti komunikasi, kerja sama, manajemen waktu, dan kepemimpinan.

  1. Mengikuti Magang

Sambil menunggu waktu ujian atau wisuda, kamu dapat mencoba melamar magang terlebih dahulu sebagai permulaan karir. Magang di sini bukan berarti hanya kegiatan yang diwajibkan kampus, tetapi juga magang yang bebas kamu lakukan di perusahaan mana pun sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Magang bermanfaat untuk memberikan gambaran bagaimana dunia kerja nanti. Selain itu, magang juga dapat meningkatkan kemampuan teknis yang akan dibutuhkan saat kamu kerja nanti.

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan upah, karena sudah banyak magang yang memberikan bayaran. Terkadang beberapa perusahaan juga mengambil pekerja tetap dari anak magang jika performa mereka bagus.

  1. Bekerja secara Freelance

Jika waktu yang kamu miliki tidak menentu, bekerja secara freelance mungkin bisa menjadi pertimbangan. Apabila kamu bingung harus mulai dari mana, kamu bisa mendaftarkan diri di aplikasi atau website kerja untuk para freelancer.

Kerja secara freelance tidak hanya menambah pengalaman kerja, tetapi juga dapat melatih kemampuan mengatur waktumu. Sebab kamu harus menyelesaikan kuliah sambil mengerjakan tugas dari klien.

  1. Bekerja Part Time

Tidak sedikit mahasiswa yang melamar kerja part time atau paruh waktu di beberapa perusahaan. Biasanya tempat yang menyediakan lowongan part time adalah toko atau kedai seperti yang saat ini tengah menjamur di berbagai daerah. Jika kamu pandai melihat peluang ini, ada banyak sekali lowongan kerja yang tersedia lho.

Untuk part time, tanggung jawab pekerjaan yang dimiliki hampir sama dengan pekerja full time, hanya saja memiliki waktu bekerja yang lebih pendek. Manfaat yang akan kamu dapatkan juga sama seperti pekerja pada umumnya, yakni dapat meningkatkan kemampuan teknis maupun soft skills.

  1. Membuka Usaha

Banyak mahasiswa yang membuka usaha sebagai sambilan untuk mencari pemasukan sendiri selama kuliah. Umumnya mereka membuka usaha jual beli secara online.

Nah, tahukah kamu, kalau membuka usaha dapat menjadi salah satu pengalaman kerja. Selain itu, kamu juga dapat mengasah empat soft skills yang telah disebutkan sebelumnya. Tentu hal ini akan sangat berguna ketika kamu akhirnya memutuskan bekerja di perusahaan.

Jadi, sudah memutuskan mana tips yang hendak kamu coba? Jangan lupa share ke teman yang membutuhkan informasi ini ya!

Sumber: Campuspedia.id, Campuspedia.id, Qerja.com, JobsDB.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles