6 Kiat Belajar Cerdas agar Lolos Tes CPNS

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa dikatakan sebuah impian yang diharapkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran, setiap menjelang tes banyak orang yang belajar keras untuk bisa lolos tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hingga tidak jarang banyak yang sakit karena mengabaikan kesehatan tubuh.

Padahal sebenarnya kamu tidak perlu sampai seperti itu lho. Kalau kamu bisa belajar secara cerdas, tentu kamu dapat lolos dengan hasil yang baik dan tidak perlu mengorbankan kesehatanmu.

Nah, kira-kira bagaimana sih cara belajar cerdas ini?

Supaya tidak penasaran, yuk langsung simak kiat-kiatnya berikut ini!

6 Kiat Belajar Cerdas agar Lolos Tes CPNS

  1. Membuat Jadwal untuk Belajar

Ingin proses belajar lebih teratur? Buatlah jadwal dengan target materi yang harus dipelajari per harinya. Dengan begini kamu akan lebih fokus untuk memahami setiap materi. Misal, pada hari Senin, kamu sudah menentukan untuk belajar dari jam 17.00-17.40 tentang Pancasila. Maka berusahalah untuk berkonsentrasi pada materi itu selama 40 menit.

Jangan lupa memberi jeda 10 menit setelah jam belajar usai agar tidak stres saat memulai materi yang baru.

  1. Mengetahui Tipe Soal yang Diujikan

Sebelum belajar tentu kamu harus tahu dulu apa saja materi yang harus dipelajari untuk ujian. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu tidak membuang waktu dan bisa lebih fokus pada materi yang memang akan keluar dalam ujian.

  1. Mengerjakan Latihan Soal

Langkah selanjutnya adalah mengerjakan latihan soal, supaya kamu bisa sedikit memperoleh gambaran, seperti apa soal-soal yang akan diujikan nantinya. Cobalah untuk mengerjakan dengan sungguh-sungguh, selayaknya kamu sedang ujian. Jangan dulu melihat kunci jawaban.

Setelah selesai mengerjakan soal, kamu bisa memeriksa jawabanmu. Kamu juga boleh memberikan catatan kecil di setiap soal latihan jika memang diperlukan untuk mengulang materi.

  1. Mengikuti Bimbel

Jika kamu tidak yakin bisa berkonsentrasi belajar sendirian, kamu bisa mendaftarkan diri di lembaga bimbel yang mempersiapkan kelas untuk tes CPNS. Biasanya lembaga bimbel ini memiliki tutor khusus yang berpengalaman dan menguasai materi ujian CPNS, sehingga kamu tidak perlu khawatir kebingungan di tengah pelajaran, sebab dapat langsung bertanya pada tutor untuk mendapatkan penjelasan.

Kamu tak perlu bingung mencari tempat bimbel untuk persiapan tes CPNS, karena saat ini sudah banyak bimbel khusus untuk seleksi CPNS, bahkan ada yang secara online juga. Jadi bisa disesuaikan dengan kesibukan harianmu. Seperti Bimbel BTW yang mengkhususkan pada bimbel untuk CPNS dan sekolah kedinasan.

  1. Istirahat yang Cukup

Yang juga tidak boleh dilewatkan adalah meluangkan waktumu untuk istirahat yang cukup. Jangan sampai kamu terlalu memaksakan dirimu untuk lolos hingga mengabaikan kesehatan. Ingat saja, bagaimana bisa kamu mengerjakan soal, kalau tubuhmu tidak dalam kondisi yang baik? Yang ada kamu tidak bisa konsentrasi dan kegagalan menanti di depan.

Jangan lupa juga makan-makanan yang bergizi dan berikan apresiasi untuk dirimu sendiri dengan memberikan waktu bersantai supaya tidak terlalu stres.

  1. Mempersiapkan Diri sejak Jauh Hari

Semua usaha tidak akan berarti apabila kamu melakukannya dengan terburu-buru, termasuk mempersiapkan diri hanya saat mendekati hari tes. Sehingga persiapan sejak jauh hari untuk tes CPNS sangat disarankan agar lebih fokus selama mengerjakan soal.

Nah, itu tadi enam tips belajar cerdas yang bisa mulai kamu lakukan agar dapat lolos ujian CPNS. Mana yang sudah pernah kamu terapkan dan ampuh untuk mendapatkan hasil yang baik saat ujian? Share di kolom komentar yuk!

Jangan lupa share ke teman-teman yang membutuhkan informasi ini ya!

Sumber:

BimbelCPNS.com

IDNTIMES.COM

BelajarBro.id

BTW-CAT.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles