Inilah 6 Tips Ampuh agar Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan

Untuk bisa terdaftar di sekolah kedinasan tidaklah mudah. Sebab ada banyak hal yang menjadi aspek penilaian saat tes masuk sekolah kedinasan, tidak hanya dari segi kecerdasan, tetapi juga kondisi fisik siswa. Sehingga mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh dan menjaga kondisi tubuh prima menjadi kewajiban untuk calon siswa.

Namun kamu tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu praktikan supaya lolos seleksi dengan hasil yang baik. Penasaran? Yuk langsung simak tipsnya di bawah ini!

6 Tips Ampuh Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan

  1. Cek Persyaratan yang Diminta

Langkah pertama yang harus diperhatikan agar lolos adalah persyaratan yang diminta. Pastikan kamu memiliki dan masuk kualifikasi dari persyaratan seleksi. Sebab jika tidak, kamu bisa saja tersisih pada tahap seleksi administrasi.

  1. Belajar dengan Sungguh

Karena tidak mudah untuk lolos seleksi sekolah kedinasan, kamu dituntut untuk belajar sungguh-sungguh. Sehingga mempersiapkan diri jauh hari sangat penting. Jangan belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS), sebab materi yang kamu pelajari mungkin tidak akan bisa masuk ke otak. Selain itu, cara belajar seperti ini bisa membuatmu lelah.

  1. Mempersiapkan Fisik yang Prima

Sekolah kedinasan biasanya mensyaratkan calon siswanya memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Oleh karena itu, persiapan  fisik yang prima harus sudah kamu miliki.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkannya dapat dimulai dengan berolahraga ringan, seperti jogging, push up, pull up, sit up, dan berlari minimal 3-5 kali seminggu. Kamu juga bisa menambah durasi latihan jika memang dirasa perlu.

Jika kamu ingin masuk sekolah kedinasan militer, seperti Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer (AKMIL), kamu mungkin perlu berlatih renang juga untuk persiapan penilaian.

Pastikan kamu dalam kondisi sehat saat mengikuti ujian. Sehingga selain berolahraga, kamu juga butuh istirahat yang cukup, makanan yang bergizi, dan menghindari stres.

  1. Memeriksa Kesehatan sebelum Tes

Untuk memastikan dirimu dalam keadaan sehat, sebaiknya sebelum melakukan serangkaian tes, kamu melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit. Sehingga jika terdapat masalah pada kesehatanmu, kamu bisa segera berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat sebelum waktu seleksi tiba.

  1. Mempersiapkan Tes Wawancara

Tes yang cukup sulit dilalui adalah wawancara. Tidak jarang kita lolos di tes tertulis, namun masih gagal di tes wawancara. Sehingga hasil akhirnya pun kamu bisa jadi tidak lolos seleksi.

Nah, hal ini sebenarnya umum terjadi, karena pada tes ini kamu bisa terlihat menguasai atau tidak materi-materi yang diajukan dan jujur atau tidaknya pribadimu. Sehingga, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, belajar dengan sungguh itu perlu, tetapi jangan lupa untuk berlaku jujur.

  1. Jangan Percaya Orang Dalam

Memang sudah banyak anggapan kalau untuk lancar masuk sekolah kedinasan adalah menggunakan orang dalam. Padahal kenyataannya tidak seperti itu lho. Kamu tetap bisa lolos seleksi dengan kemampuanmu sendiri.

Sebaliknya, oknum-oknum orang dalam ini hanya mencari keuntungan dari para calon siswa dan tidak peduli bagaimana kelanjutan masa depan mereka. Sehingga tidak jarang, terdapat kasus penipuan oleh oknum orang dalam pada calon peserta seleksi sekolah kedinasan.

Jadi, jangan pernah percaya dengan orang dalam ya! Dan fokus saja untuk meningkatkan kemampuanmu untuk bisa lolos seleksi.

Kira-kira itulah tips yang bisa kamu lakukan agar bisa lolos seleksi untuk masuk sekolah kedinasan. Mana yang sudah kamu praktikan? Yuk, share di kolom komentar!

Jika artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan untuk mereka yang membutuhkan informasi ini!

Referensi:

Mamikos.com

Rencanamu.id

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles