Stres di Semester Akhir Kuliah? Intip 6 Tips Mengelolanya!

Di semester akhir perkuliahan, stres tentu menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Namun hal ini dapat dikelola sehingga tidak membawa dampak negatif pada dirimu.

Stres yang kamu rasakan ini penyebabnya tentu tidak lain karena kesibukan untuk mulai menyusun tugas akhir, seperti skripsi, ditambah kegiatan perkuliahan, atau persiapan untuk mencari bekal melamar pekerjaan, seperti magang.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, stres ini dapat dikelola dengan baik lho agar gejalanya terasa ringan dan kamu tetap dapat beraktivitas dengan baik.

Penasaran? Simak tipsnya pada pembahasan di bawah ini yuk!

6 Tips Kelola Stres di Semester Akhir

Berikut ini 6 tips mengelola stres selama di semester akhir yang dapat kamu praktikan.

  1. Istirahat yang Cukup

Poin pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengambil istirahat yang cukup. Jangan pernah memaksakan diri untuk terus hanyut dalam kesibukanmu. Apalagi ditambah dengan begadang demi tugas.

Hentikan semua kesibukan jika sudah memasuki waktu istirahat. Kamu mungkin merasa masih sanggup untuk meneruskan kegiatan, tapi sebenarnya tubuhmu tidak demikian dan membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan tenaga.

Setidaknya kamu mendapatkan tidur 7-8 jam di waktu istirahat. Sebab tidur dapat membuat tubuh rileks dan meredakan stres.

  1. Atur Pola Makan

Sesibuk-sibuknya kamu, jangan pernah melupakan asupan harian. Sebab kamu membutuhkan tenaga untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunggu di keesokan harinya.

Atur pola makan tetap sesuai waktunya. Paling tidak makan tiga kali sehari atau makan dengan porsi kecil namun dalam frekuensi yang lebih sering.

Kamu juga perlu memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuhmu. Jangan karena jauh dari orang tua, menjadi alasanmu untuk tidak perbanyak makan sayur dan buah. Minimal setiap kamu makan selalu ada satu jenis sayur atau buah.

  1. Olahraga

Kegiatan tanpa diselingi olahraga dapat menyebabkan tubuh kaku dan mudah lelah. Kamu mungkin sudah mulai mengalami gejala-gejala tersebut. Oleh karena itu, penting sekali untuk rutin berolahraga, setidaknya lima kali dalam seminggu dengan durasi paling sedikit 30 menit.

Tidak perlu olahraga yang berat atau mendatangi pusat kebugaran. Olahraga ringan seperti jogging atau senam di rumah dengan melihat Youtube juga bisa menjadi alternatif, bahkan lebih murah.

  1. Luangkan Waktu untuk Menenangkan Diri

Berikan ruang bagi dirimu sendiri menikmati waktu yang ada (me time) untuk menenangkan diri dari padatnya aktivitas seharian. Manfaatkan juga waktu luang ini untuk melakukan hobi atau kegiatan favorit yang selama ini tidak sempat kamu lakukan.

  1. Meminta Dukungan Orang Sekitar

Dukungan orang sekitar dapat membuat perasaanmu lebih baik, meringankan rasa stres, dan meningkatkan semangat untuk menjalani hari-hari ke depannya, karena kamu akan merasa ada banyak orang yang menunggumu untuk sukses. Dengan dukungan mereka, segala kegiatan yang kamu lakukan akan terasa lebih ringan. Percaya deh!

  1. Mulai Mengatur Waktu dengan Baik

Supaya semua aktivitas berjalan dengan lancar, ada baiknya kamu perlu mengatur waktu dari sekarang. Selesaikan semua tugas atau kegiatan yang memang hanya memerlukan waktu sebentar, sehingga kamu bisa punya banyak waktu untuk mengerjakan tugas yang cukup berat dengan lebih santai.

Kalau perlu, buat jadwal harian kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan dalam satu hari.

Nah, itulah enam tips mengelola stres yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari selama di semester akhir. Mana informasi yang sudah pernah kamu terapkan? Yuk jaga tetap terlaksana, supaya hidup lebih teratur dan masa akhir studimu lebih menyenangkan.

Referensi:

DosenPsikologi.com

Suara.com

HelloSehat.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles