Terungkap! Intip 6 Bocoran Skills yang Dicari Oleh Perusahaan Tahun 2021

Sobat pedia, tahun 2021 ini akan menjadi tahun yang penuh dengan harapan baru. Pasalnya, hampir sebagian perusahaan khususnya e-commerce, tengah membuka kesempatan dengan menyediakan lowongan pekerjaan.

Di era new normal ini, persaingan diantara para pencari kerja semakin ketat, lho! Dengan demikian, mengetahui skill atau keterampilan yang diminati oleh perusahaan, bisa sangat membantu untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Lalu, apa saja skills tersebut? Berikut 6 bocoran skills yang lagi dicari oleh perusahaan khusus untuk pembaca smartpedia.

#1 Copy dan content writing

Photo by Ken Tomita from Pexels

Bagi sobat pedia yang suka menulis dan tertarik dalam dunia periklanan, jenis skill yang satu ini wajib banget untuk dikuasai. Copy dan content writing tergolong pekerjaan yang menjanjikan. Hal ini karena kedua bidang ini sama-sama dibutuhkan dan memiliki peranan yang penting dalam menggerakan perekonomian perusahaan.

Copy dibutuhkan oleh perusahaan untuk membuat iklan yang menarik dan atraktif, sehingga mampu meningkatkan penjualan dalam bentuk hard selling. Sedangkan, content writing dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjual atau menawarkan jasa dalam bentuk artikel atau blog yang bersifat soft selling.

Untuk bisa menempati posisi kedua bidang tersebut, sobat pedia harus mampu berpikir secara kreatif, out of the box, dan selalu up-to-date dengan segala berita atau hal yang berkaitan dengan produk atau jasa dari perusahaan.

#2 Desain grafis

Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Apa sobat pedia pandai dalam membuat ilustrasi dan tertarik membuat logo perusahaan? Kalau iya, selamat! Sobat adalah orang yang paling dicari perusahaan untuk segera bergabung ke dalam tim.

Kebutuhan visual yang menarik merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan untuk menjadi unik, standout, dan mudah diingat. Walau terdengar pekerjaannya hanya ‘menggambar’ aja, namun desain grafis membutuhkan kreativitas yang tinggi serta time management yang baik untuk dapat menyelesaikan desain tepat waktu.

Di tahun 2021 ini, akan banyak perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan di bidang desain grafis. Tentu saja, sobat harus bisa menguasai beberapa software pendukung desain, seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign, dan software-software lain yang berhubungan dengan desain-mendesain ya!

#3 Digital Marketing

Photo by Serpstat from Pexels

Sobat pedia, pernah nggak sih, melihat diskon besar-besaran atau penawaran eksklusif yang diadakan oleh e-commerce? Atau, sobat pedia pernah menerima SMS berupa voucher gratis buy 1 get 1 free? Nah, semua kegiatan pemasaran tersebut, dilakukan oleh seorang digital marketing.

Ternyata, ruang lingkup digital marketing sangat luas, lho sobat pedia. Mereka dibagi kedalam beberapa kategori, seperti content marketing, social media marketing, pay per click advertising, email marketing, marketing analytic, bahkan TV dan phone marketing.

Digital marketing sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan pemasaran serta penjualan secara berkelanjutan. Selain itu, digital marketing juga diharapkan mampu merangkul konsumen lebih cepat, tepat, dan luas, sehingga dapat menghidupkan roda perekonomian perusahaan. 

#4 Public speaking

Photo by Matheus Bertelli from Pexels

Public speaking merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk mempengaruhi target konsumen atau pasar, sehingga mampu mengubah pandangan atau melakukan suatu tindakan tertentu. Nah, apakah sobat pedia tahu? Kalau public speaking merupakan salah satu skill yang sulit untuk digantikan oleh kecanggihan teknologi, bahkan robot sekalipun? Kira-kira apa ya alasannya?

Ternyata, seorang persuader atau seseorang yang memimpin jalannya public speaking, tidak hanya menggunakan keahliannya dalam menyusun kalimat, tapi juga berusaha untuk mengetuk hati para audience yang hadir, sehingga mereka tergerak hatinya untuk melakukan suatu tindakan tertentu sesuai dengan keinginan persuader. Wah, hebat kan?

Keahlian mempengaruhi orang ini sangat dibutuhkan perusahaan, terutama saat bernegosiasi, closing target, dan kegiatan pemasaran lainnya. Cocok banget nih, bagi sobat pedia yang baru aja lulus, khususnya dari prodi ilmu komunikasi.

#5 Complex Problem Solving

Photo by Christina Morillo from Pexels

Sobat pedia, selain empat keterampilan diatas yang harus dimiliki, ada satu skill yang wajib untuk dikuasai, sehingga bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya. Skill ini dinamakan dengan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.

Keterampilan pemecahan masalah yang kompleks atau complex problem solving, merupakan kapasitas yang dikembangkan untuk memecahkan masalah baru, masalah yang tidak terdefinisikan, hingga prediksi permasalahan yang akan timbul kedepannya. Seseorang dengan skill yang satu ini melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang, mengembangkan solusi alternatif, dan memilih solusi yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek yang ada.

Mengapa skill ini sangat penting? Hampir sebagian besar pekerjaan mengharuskan karyawannya untuk menangani masalah teknis, bersifat urgent, dan kritis setiap harinya. Hal ini diperburuk dengan covid-19 yang semakin meningkat di Tanah Air, membuat pelaku industri mengubah strategi, konsep, dan gaya bekerja yang harus menyesuaikan dengan new normal.

#6 Leadership

Photo by fauxels from Pexels

Skill terakhir yang harus sobat pedia miliki untuk bisa diterima oleh perusahaan adalah jiwa kepemimpinan alias leadership. Seseorang yang memiliki skill leadership yang tinggi, cenderung diterima oleh banyak perusahaan dan memegang peranan yang penting di dalam tim.

Seorang pemimpin yang baik, akan selalu memberikan arahan kepada anak buahnya, dan tidak letih untuk memberikan ilmunya demi mewujudkan visi dan misi perusahaan. Terkadang, seorang pemimpin juga memiliki peran ganda di dalam tim. Pemimpin dapat menjadi seorang mentor yang handal dan konsultan yang bisa dipercaya. Apakah sobat pedia memiliki jiwa kepemimpinan?

Itu tadi 6 skills yang harus sobat pedia miliki untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah di tahun 2021. Bagi sobat pedia yang sedang mencari pekerjaan, semoga beruntung!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles