Kisah Inspiratif dari Seorang Penjual Kopi untuk Tukang Ngopi

SIAPA bilang kisah inspiratif hanya bisa datang dari sosok sukses bergelimang materi. Cak Bas seorang penjual kopi asal Jember bukanlah orang sukses dari segi materi. Kerendahan dirinya dan kemauan menolong sesama pada saat kesulitan menjadikannya seorang role model bagi masyarakat.

Meskipun harus mengisi masa tuanya sebagai seorang penjual kopi namun perjalanan hidup dari cak Bas cukup berliku. Mulai dari masa mudanya yang lari dari rumah, hingga kembali ke Jember untuk merawat orang tuanya. Pasti ada saja pelajaran yang dapat dipetik dari kisah perjalanan penjual kopi ini.

Saat ini warung cak Bas tidak pernah sepi pembeli dari semua kalangan. Mulai dari manusia jalanan hingga manusia pesantren, semuanya berkumpul menjadi satu sebagai contoh kebhinekaan Indonesia. Cak Bas mampu menjadi seorang tokoh masyarakat yang memiliki pengaruh kuat berkat kebaikannya.

Tidak sedikit kisah inspiratif yang dapat dipetik ketika mampir di warungnya. Tidak hanya dari sang pemilik warung namun para pelanggan juga tidak segan bertukar pikiran dan menjadikannya sebuah pelajaran hidup. Masing-masing pelanggan sangat dekat hingga warung ini menjadi sebuah komunitas keluarga.

Lari dari Rumah untuk Membangun Rumah bagi Keluarga

Cak Bas mudah memang seorang anak dengan temperamen tinggi seperti kebanyakan stereotip madura muda. Harapannya untuk membahagiakan orang tua membuatnya tetap kukuh untuk pergi dari rumah. Dari sini kisah inspiratif bagi para kaum muda sudah bisa dipetik dari ceritanya.

Bagi para pemuda yang mulai terjun dalam dunia kerja mungkin mengalami sebuah kegagalan adalah hal buruk. Tidak jarang kegagalan membuat para pemuda sulit menerima kenyataan tersebut dan kemudian menyerah. Tidak perlu mendramatisir dengan keinginan tinggi untuk berubah.

Semua orang pasti pernah gagal dan pernah menyerah pada sebuah keadaan. Begitu juga cak Bas muda yang pernah menyerah dalam karirnya. Memutuskan menjadi gelandangan di Surabaya hingga kemudian ditampung oleh seorang pemilik warung dan dipekerjakan pada warung kecil tersebut.

Bagi para pemuda saat ini kegagalan sering membuat mereka putus asa dan berhenti untuk mencoba. Padahal tidak sedikit kegagalan tersebut adalah jalan keluar menuju sebuah keberhasilan. Tidak ada yang tahu bahkan cak Bas tidak menduga bahwa dia bisa kembali bangkit setelah keluar dari pekerjaanya di Surabaya.

Menjadi seorang penjaga warung memang tidak memberikan banyak pemasukan seperti bekerja di kantor seperti sebelumnya. Namun keteguhan hati dan keinginan untuk terus menjadi lebih baik dapat diambil sebagai sebuah kisah inspiratif bagi kalangan muda agar tidak patah arang.

Mengapa Seseorang Tidak Boleh Menyerah pada Cita-Citanya

Terkadang menyerah pada sebuah keadaan merupakan opsi yang harus diambil oleh seseorang. Namun ketika kegagalan adalah sebuah jalan menuju keberhasilan maka seseorang tidak boleh berhenti pada pilihannya. Lalu bagaimana menyikapi kegagalan itu sendiri tanpa merasa kalah dan memilih opsi menyerah.

Sebuah kisah dapat diambil dari kehidupan cak Bas muda, berapa kali dia pindah pekerjaan karena kegagalan. Mulai dari penjual koran hingga preman jalanan pernah digeluti untuk bertahan hidup di Surabaya. Namun keinginan untuk membahagiakan orang tua lebih tinggi dari rasa putus asa tersebut.

Kisah inspiratif tersebut dapat ditiru bagi para pemuda yang sedang mengalami kegagalan. Carilah sebuah alasan mengapa kamu tidak boleh menyerah saat ini. Apakah itu orang yang kamu cintai, atau keinginan untuk mencapai masa depan lebih baik. Semuanya tentu sangat relatif dan berbeda pada setiap individu.

Memilih sebuah motivasi memang tidak bisa diberikan bahkan oleh pakar sekalipun. Setiap individu wajib menemukan sendiri apa yang menjadi alasan terkuatnya dalam menjalani kerasnya hari. Bisa saja terlihat sepele bagi orang lain namun alasan tersebut sangat kuat bagi kamu.

Untuk menemukan alasan kuat tersebut kamu bisa membaca kisah inspiratif lain yang lebih relate pada kehidupanmu. Tidak semua orang memang mengalami kehidupan muda yang keras seperti cak Bas. Ambil sebuah contoh pribadi yang membuatmu bisa lebih tekun dalam bekerja dan tidak kenal lelah.

Motivasi Sepele Bisa Menjadi Dorongan Kuat untuk Terus Berusaha

Studi kasus pada kehidupan modern menyebutkan bahwa motivasi sepele lebih sukses mendorong seseorang untuk terus berusaha dibandingkan hal rumit. Hal ini sejalan dengan kehidupan cak Bas yang ingin memberikan orang tuanya rumah bagus. Ini adalah contoh kisah inspiratif dari hal yang cukup sepele.

Kamu dapat mencari sebuah motivasi tergantung pada hal kesukaanmu. Boleh saja memiliki ambisi tinggi untuk bisa membeli komputer baru sebagai contohnya. Bagi sebagian orang ini tentu sangat sepele. Namun pelakunya tau bagaimana pentingnya komputer bagi kehidupan pribadinya sehingga mampu mendorongnya melebihi batas.

Dengan mengambil motivasi dari sesuatu yang sepele seseorang juga tidak menguras tekadnya untuk hal rumit. Sebagai contoh konkrit, kamu menyukai game namun laptop itu sudah tidak mampu lagi digunakan untuk memainkannya. Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jawabannya tentu bekerja keras hingga kamu mampu membeli komputer baru dengan spesifikasi tinggi seperti keinginanmu. Bagi sebagian orang ini merupakan hal sepele dan justru terdengar konyol. Namun tidak sedikit kisah inspiratif berawal dari sebuah keinginan sepele dari para pelakunya.

Setelah Cita-Cita Sepele Itu Tercapai Lalu Kemudian Apa

Kisah inspiratif dari cak Bas muda yang tidak pernah lelah mencoba hingga berhasil memberikan orang tuanya rumah tidak berakhir begitu saja. Setelah keinginan sepelenya tersebut tercapai masih ada tujuan lain dalam hidupnya yang harus diraih yaitu menyekolahkan anaknya hingga tuntas.

Sama seperti kamu yang sudah mencapai keinginan pertama untuk memiliki laptop baru tercapai, keinginan berikutnya harus segera disiapkan. Jangan menaruh impian terlalu tinggi karena untuk mencapainya membutuhkan pengorbanan yang sangat sakit saat dikejar dan belum tentu dapat terwujud.

Oleh karena itu untuk menjaga semangat agar tidak pudar adalah memberikan kemenangan kecil pada diri sendiri. Dimulai dari kemenangan-kemenangan kecil tersebut seseorang akan lebih cepat bangkit dan menjadi pribadi yang berhasil. Tidak perlu terlalu jauh dalam menentukan garis akhir.

Sadari kemampuanmu dan asah secara bertahap agar perjalanan dapat dilalui dengan masuk akal. Saat kamu menentukan cita-cita terlalu tinggi maka secara bawah sadar justru kamu membunuh secara perlahan ambisimu dalam mengejar cita-cita itu. Kesadaran diri sangat penting dimiliki dalam membangun keberhasilan diri.

Begitu juga cak Bas, dia sadar materinya sudah cukup untuk menghidupi keluarga dan menentukan tujuan akhir untuk mensukseskan anak-anaknya. Hasilnya jelas saat ini anak sulung cak Bas sudah lulus kuliah perawat dan sudah bekerja di rumah sakit ternama. Kisah inspiratif ini sedikitnya dapat menggugah agar kamu dapat bangkit dari keterpurukan. (Smartpedia)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles