Peluang Bisnis Rumahan Paling Laris di Masa Pandemi

PANDEMI Covid-19 tidak membuat peluang bisnis rumahan menjadi berkurang. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, misalnya lulusan baru dan para pekerja yang harus keluar atau kena PHK dari perusahaan. Bahkan pada pertengahan 2020 lalu, sekitar 1,7 juta pekerja harus di-PHK.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya pemerintah melalui Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) sudah memberi layanan pelatihan gratis beserta pemberian insentif. Diharapkan dengan diberikannya pelatihan dan insentif, dapat digunakan sebagai modal usaha. Terlebih ada beberapa rekomendasi jenis usaha rumahan yang dapat kamu ikuti karena modal awalnya cukup terjangkau.

Peluang Bisnis Rumahan Sederhana Paling Menguntungkan

Rekomendasi usaha pertama adalah ternak hewan berupa ayam kampung. Dibandingkan dengan ayam boiler, ayam kampung punya kelebihan dari segi tekstur dan rasa, maka dari itu harganya mahal. Kamu bisa memelihara selama 2 bulan agar bobotnya mencapai 1 kg dan siap jual dipasaran dengan harga menguntungkan.

Kamu bisa menyiapkan perlengkapan seperti bibit ayam kampung berkualitas, kandang dan pakan. Untuk kandang yang digunakan tidak perlu benar-benar dibuat dari tahan atau lahan luas, asalkan mampu membangun dengan efektif. Jika kandang dan pakan yang diberikan maksimal, maka dijamin untung besar karena nilai jual tinggi.

Untuk peluang bisnis rumahan selanjutnya adalah jasa catering, di mana cocok buat dijadikan usaha saat masa pandemi. Tentu alasannya karena orang mulai malas dan was-was keluar rumah membeli makanan. Jadi, selain membuat sendiri masyarakat juga suka membeli makanan matang karena bervariasi dan rasanya sesuai selera.

Jasa catering pada masa social distancing maupun seterusnya memiliki prospek tinggi. Tapi dalam bisnis ini pengusahanya harus memiliki kemampuan memasak yang mumpuni. Jika tidak bisa memasak, paling tidak wajib punya asisten atau karyawan terlebih dahulu. Agar makin laris, usaha catering perlu pemasaran lewat media sosial.

Selain kebutuhan catering, bisnis yang dapat kamu coba adalah menyewakan kamar tidak terpakai. Apalagi kalau memiliki tempat tinggal di kota besar atau tempat wisata seperti Bali, Jakarta dan Semarang. Memasarkan usaha sewa kamar cenderung mudah, ada banyak situs sewa kost diinternet yang dapat kamu gunakan.

Bisnis Online Modal Rendah dengan Bayaran Tinggi

Jika kamu tidak ingin mencoba usaha yang sifatnya berjualan, kamu bisa mencoba menyediakan jasa seperti les privat. Masa pandemi ini banyak orang tua menganggap kegiatan belajar anaknya kurang maksimal sehingga pengajar les dibutuhkan. Kalau kamu pintar dalam mata pelajaran tertentu, bisa mencoba jadi guru les.

Tapi cukup sulit karena tanggung jawabnya cukup besar. Jadi, kamu bisa memasuki dunia jasa desain grafis dengan keuntungan berlimpah. Ada banyak job untuk membuat desain banner, brosur, kartu nama, kartu undangan dan sebagainya. Kelebihan jasa ini adalah bisa belajar secara mandiri lewat internet terlebih dahulu.

Sama seperti peluang bisnis rumahan berupa jasa desain, ada juga jasa pembuatan website secara online. Jasa ini sangat menguntungkan karena dikerjakan memakai media gratis seperti WordPress. Dalam usaha ini, bisa juga ditawarkan layanan lain seperti marketing dan pembuatan konten.

Rekomendasi terakhir adalah menyediakan layanan jasa pengembang aplikasi. Usaha ini sangat menguntungkan karena memanfaatkan market place besar seperti Google Play atau App Store. Usaha ini dijamin sangat menguntungkan karena kebutuhannya tidak hanya bersifat personal tapi perusahaan juga membutuhkan.

Banyaknya kesempatan usaha tersebut, tentunya membuat kamu harus segera menentukan mana jenis bisnis yang mau digeluti. Tentu sangat disarankan memilih sesuai kemampuan dan keterampilan agar sukses menghasilkan keuntungan berlimpah. Kamu tidak perlu takut memulai karena semua peluang bisnis rumahan bisa kamu kerjakan dengan modal kecil. (Smartpedia)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles