Jadi Pahlawan Tanpa Perlu Kekuatan Super

MANUSIA biasa memang diciptakan sangat lemah namun ada cara menjadi pahlawan tanpa perlu kekuatan super. Kamu juga tidak perlu mengangkat senjata untuk bisa menjadi seorang pahlawan. Bahkan kamu hanya membutuhkan sepasang dengkulmu saja untuk bisa menjadi seorang pahlawan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tuhan menciptakan manusia lengkap dengan anggota tubuhnya bukan tanpa sebab untuk membantu sesama makhluknya. Hanya dengan memanfaatkan tangan dan kaki saja setiap orang sudah bisa membantu manusia lain. Kamu tidak perlu menguras modal material untuk menjadi seorang pahlawan karena Tuhan telah memberikan modal paling besar.

Tekad adalah modal paling besar yang diturunkan oleh Tuhan pada seorang manusia. Dengan adanya sebuah tekad maka seseorang mampu menembus batasan pribadinya untuk mencapai sebuah tujuan. Tekad untuk melihat semua orang bahagia juga bisa menjadikan kamu seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

Memanfaatkan tekad adalah salah satu cara menjadi pahlawan paling mudah diaplikasikan oleh seseorang. Terlebih lagi saat ini suasana sedang penuh dengan kesusahan karena adanya sebuah gejolak dunia. Bulatkan tekadmu untuk menolong sesama dan jadilah seorang pahlawan tanpa kekuatan super.

Cara Menjadi Pahlawan pada Saat Kamu Juga Butuh Pertolongan

Bagaimana ingin menjadi pahlawan jika diri sendiri saja masih membutuhkan pertolongan orang lain. Ini adalah sebuah contoh yang benar-benar terjadi pada detik ini juga dimana semua orang mengalami kesulitan tidak terkecuali kamu. Lalu bagaimana cara menjadi pahlawan ketika diri sendiri masih terjepit kebutuhan.

Caranya adalah menolong dengan sebuah ide atau gagasan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Tuhan tidak menciptakan manusia hanya mampu bertahan hidup saja namun juga mampu menolong sesamanya. Contoh konkritnya adalah ketika seseorang mengalami kesulitan ekonomi karena sebuah pandemi.

Jika kamu tidak punya pundi-pundi rupiah untuk menolong tetangga maka ide usaha dapat menjadi sebuah jalan keluar. Tidak perlu saling menguras kantong untuk berguna bagi kiri dan kanan. Ketika otakmu saja sudah bisa berguna, pastinya kiri dan kanan akan merasa terbantu dengan tindakanmu.

Hal seperti ini akan sangat kental terdengar di warung kopi dimana kaum akar rumput saling bahu membahu keluar dari keterpurukan ini. Kebutuhan anak istri tetap harus terpenuhi meskipun pandemi sedang tidak tahu diri. Mereka saling bertukar ide, mana yang cocok diaplikasikan untuk mencapai kemakmuran.

Secara tidak sadar mereka para penggagas ide tersebut adalah seorang pahlawan. Cara menjadi pahlawan seperti ini memang jarang terpikirkan oleh seseorang karena tidak sedikit yang menyepelekan hal tersebut. Berkumpul untuk mencari sebuah solusi adalah tindakan mulia yang dapat saling membantu sesama.

Menyelamatkan Nyawa Orang Lain Bukanlah Hal Berat

Tanpa kenal lelah seorang penjual nasi goreng masih sering berkeliling di daerah sekitar RRI Jember. Ditemani sunyi malam dia masih saja melayani pembeli yang saat ini semakin jarang membayar dengan uang pas. Namun inilah cara menjadi pahlawan yang diterapkan cak Jum dalam mengangkat derajat sesamanya.

Secara sadar atau tidak cak Jum dan gerobaknya adalah sepasang pahlawan super yang menolong manusia dari kelaparan di tengah pandemi. Tingkat pengangguran yang semakin meningkat membuat daya beli masyarakat semakin miris. Meskipun sepele, sebungkus nasi tersebut mencegah satu orang mati karena kelaparan.

Cak Jum tidak pernah protes ketika pelanggannya membayar dengan uang yang tidak pas. Meskipun cak Jum sendiri sedang dilanda kesusahan namun tekadnya untuk membantu sesama tidaklah pudar. Sesekali Tuhan tetap menurunkan rezeki lewat pengendara roda empat yang kebetulan membeli.

Cak Jum adalah segelintir manusia yang mengedepankan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri. Tidak banyak memang pribadi seperti ini ditemukan di masyarakat, oleh karena itu kamu harus bisa menjadi cak Jum lainnya yang berguna tidak hanya untuk pribadi namun juga bagi kalangan luas.

Di saat seperti ini nyawa seseorang memang bisa pergi kapan saja. Bisa karena penyakit atau karena perut yang lapar. Cak Jum adalah salah satu contoh pahlawan tanpa tanda jasa dan disepelekan oleh dunia. Cara menjadi pahlawan ala cak Jum cukup mudah untuk ditiru oleh banyak orang agar kehidupan semakin indah.

Mengapa Banyak Manusia yang Enggan Menolong Sesama

Manusia merupakan salah satu ciptaan Tuhan dengan rasa rakus tinggi. Hasrat untuk memenuhi keinginan pribadi sering membuat mereka lupa akan kiri dan kanannya. Padahal sifat ini sangat bertolak belakang dengan cara menjadi pahlawan yang sangat disarankan oleh Tuhan.

Rasa ingin memiliki lebih dari orang lain memang tidak pernah memandang situasi dan kondisi. Manusia tetap saja menginginkan apapun untuk kepentingan pribadi dan golongannya. Dengan kondisi seperti ini keharmonisan dalam masyarakat akan terancam dan semakin memperkeruh suasana.

Sebenarnya tidak butuh sebuah gerakan besar untuk mengubah kondisi seperti ini. Awali dari diri sendiri dan lingkungan akan saling mengikuti. Jangan pertaruhkan materimu dulu untuk membantu orang dalam kesulitan. Gunakan kepalamu agar hasilnya lebih berguna dan bertahan lama.

Ide mampu berkembang seiring dengan perubahan zaman, sedangkan materi nilainya akan terus berkurang. Tentunya dalam membantu seseorang kamu harus memberikan solusi jangka panjang agar dia tidak selamanya membutuhkan bantuan. Pertolongan terbesar adalah ketika seseorang tidak membutuhkan pertolongan lagi setelah kamu tolong.

Ada sebuah pepatah lama mengatakan berilah seseorang ikan maka dia akan memberi makan keluarganya satu hari, namun ketika kamu memberinya kail maka dia akan bisa makan sepanjang tahun. Ini adalah salah satu cara menjadi pahlawan paling bijak dengan memberikan ide bukan hasil matang.

Efek Domino dalam Masyarakat Dapat Menjadi Juru Selamat

Manusia memiliki sifat dasar untuk mengimitasi sebuah tindakan yang memiliki dampak besar dalam kehidupan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sebuah solusi bagi ketimpangan dalam kehidupan. Hanya butuh satu orang saja untuk mengawali sebuah deretan tindakan baik.

Awali dari dirimu sendiri untuk melakukan hal positif bagi lingkungan masyarakat. Berikan kontribusi yang mampu menggugah sesama untuk bersama bangkit dari kesulitan ini. Cak Jum adalah salah satu contoh individu yang mencoba membangkitkan rasa tolong menolong sesama masyarakat di tengah kesulitan ini.

Apakah kamu akan menjadi cak Jum versimu sendiri atau kamu hanya menjadi penonton saja. Menjadi penonton saja tidak akan memberimu kepuasan dan ketenangan batin dalam hidup. Material yang kamu kejar selama ini hanyalah titipan fana belaka dari tuhan sang pencipta semesta.

Tidak ada gunanya memiliki sebuah materi tanpa memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Kamu hanya akan menjadi salah satu dari mereka yang tidak pernah berkontribusi dan mati dalam kesepian. Banyak cara menjadi pahlawan tanpa mengorbankan materi yang bisa kamu lakukan. (Smartpedia)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles