Kiat Sukses Bill Gates yang bisa Diikuti

KIAT sukses Bill Gates sangat layak untuk dipelajari. Itu karena, ia adalah salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan beberapa tahun ke belakang, Bill Gates sendiri pernah memegang gelar sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan dalam jumlah besar itu didapat karena ia merupakan pendiri Microsoft.

Microsoft sendiri merupakan salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Menurunnya Bill Gates pada daftar orang terkaya di dunia bukan karena kemunduran perusahaannya. Hal itu terjadi karena ia sekarang lebih aktif dalam kegiatan amal. Tercatat, ia sudah menyumbangkan uang hingga 28 milliar US dolar untuk kegiatan tersebut.

Sumbangsihnya di dunia amal sangat sangat layak untuk diikuti. Namun akan lebih baik jika bisa mencapai kesuksesan terlebih dahulu. Bill Gates sendiri bukan merupakan seseorang yang pelit ilmu. Terdapat beberapa kiat yang sudah sering ia jelaskan kepada banyak orang. Berikut uraian lengkap mengenai kiat sukses Bill Gates.

Milikilah Semangat dan Berikan Pengaruh pada Orang Lain

Kiat pertama yang diberikannya sangat klise. Ia menekankan bahwa semangat selalu berada pada urutan pertama. Semangat inilah yang bisa membuat seseorang terus bergerak. Bahkan dalam satu cerita, pernah terjadi kondisi dimana Gates menghabiskan sebagian besar waktunya di pesawat.

Ini terjadi karena ia harus bertemu dengan banyak kliennya dari berbagai negara. Pada kiat sukses Bill Gates, ia juga menjelaskan cara mempertahankan semangat tersebut. Biasanya, semangat besar akan dimiliki pada hari pertama dan penurunannya akan terjadi seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, akan tepat jika terus mengingat motivasi yang dimiliki pada hari pertama. Teknik ini cukup efektif untuk mempertahankan semangat dalam diri. Kiat selanjutnya yang sering dipaparkan berhubungan dengan kemampuan untuk memengaruhi orang lain. Ini merupakan modal penting bagi seorang pebisnis.

Dalam banyak kesempatan, Gates sering mengungkapkan kekecewaannya karena tidak menyelesaikan perkuliahannya di Harvard. Walaupun hasilnya tidak mengecewakan, kekecewaan dalam hal itu selalu ada dalam diri Gates. Namun di samping kekecewaan tersebut, terdapat kebanggaan dalam kiat sukses Bill Gates.

Gates sukses mengajak seorang Steve Blammer untuk sama-sama meninggalkan bangku kuliah. Padahal, Steve ketika itu sedang mencoba menyelesaikan kuliah pada sebuah sekolah bisnis. Hari ini, Steve sudah mendapatkan kepercayaannya untuk menjadi CEO. Ia sangat bersyukur mendapatkan seorang Steve yang memiliki visi sama.

Tuntut Diri Lebih dan Bekerja Lebih Keras

Kiat sukses Bill Gates selanjutnya berhubungan dengan kerja keras. Baginya, ada dua tipe usaha yang bisa dilakukan manusia. Usaha pertama adalah kerja cerdas. Baginya kerja cerdas hanya untuk mereka yang memiliki bakat dari lahir. Sedangkan Gates sendiri tidak menemukan hal itu dalam diri.

Oleh karena itu, kerja keras adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh mereka yang belum menemukan bakal tersebut. Seseorang perlu menuntut dirinya lebih apabila ingin meraih kesuksesan. Dalam ceritanya pada fase awal pendirian Microsoft, Jatah libur tidak pernah diambil. Ini jelas menunjukkan dedikasi besar.

Bahkan ketika microsoft sudah memiliki nama besar, ia hanya menyisihkan waktu liburnya untuk menyepi. Aktivitas libur tersebut juga hanya dua minggu dalam setahun. Jangan anggap kegiatan menyepi ini adalah waktu dimana Gates akan bersantai. Dari pada menyepi, ia sendiri lebih sering menyebutnya dengan Think Week.

Pada fase itu, Gates akan membaca proposal dan surat-surat yang ditujukan kepadanya. Selain itu, visi Microsoft ke depan akan ditentukan pada dua minggu tersebut. Bisa dibilang, ini adalah dua minggu dimana hasilnya akan menentukan kegiatan perusahaannya selama setahun ke depan.

Memang dalam dua minggu ini tubuhnya tidak bekerja. Namun pikirannya tetap dituntut untuk terus berpikir. Sebenarnya jika dilihat, think week sangat jauh dengan istilah libur. Bahkan sebenarnya, berpikir sendiri merupakan hal yang lebih menyulitkan dari pada bekerja secara fisik.

Nikmatilah Apa yang Sedang Dikerjakan

Ketika seseorang menikmati pekerjaannya, segalanya akan terasa mudah. Ini juga sangat disarankan oleh tokoh besar tersebut. Ketika seseorang tidak nyaman dengan pekerjaannya, diri akan merasa terbebani oleh hal yang tidak disukai. Tentu kegiatan tersebut menyebabkan efek buruk yang sangat besar.

Setiap orang pasti memiliki jalannya masing-masing. Namun pastikan agar maksimal dalam menjalaninya. Nikmati setiap proses dan berjuanglah tanpa lelah. Jangan lupa juga untuk menjalankan kiat sukses Bill Gates di atas karena hasilnya sudah sangat terbukti. (Smartpedia)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles