Rekomendasi Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

KESEHATAN tubuh dan pikiran harus selalu kita jaga dengan menjalankan gaya hidup sehat setiap saat. Terutama saat pandemi virus corona seperti sekarang, di mana orang dengan imunitas rendah sangat berisiko terjangkit virus dengan mudah. Untuk mencegahnya, kamu perlu menjalankan pola hidup yang benar terlebih dahulu.

Dalam upaya menyehatkan tubuh, kamu bisa memperbaiki diri dalam banyak hal. Misalnya selalu mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan rajin berolahraga meskipun hanya 30 menit. Selain itu diwajibkan juga menghindari kegiatan buruk penyebab penyakit seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol atau makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Perbaiki Kondisi Pikiran dan Fisik

Supaya kamu bisa terhindari dari virus atau pandemi, hal pertama yang dapat dilakukan adalah memikirkan kondisi psikis dan pikiran. Memasuki masa new normal, masyarakat dituntut agar mampu menjalankan segala kegiatan dengan batasan-batasan tertentu. Hal ini mewajibkan kita agar selalu positif dalam pola pikir setiap harinya.

Tentunya memiliki gaya hidup sehat membuat pikiran menjadi semakin mudah untuk positif. Terlebih lagi dengan banyaknya batasan dari pemerintah, kadangkala membuat kita mudah stres atau tertekan. Agar kesehatan pikiran semakin baik, kamu juga disarankan memperbanyak istirahat apalagi jika memiliki kegiatan sibuk meski sedang masa pandemi.

Bukan hanya untuk pekerja, kamu yang masih pelajar atau mahasiswa juga harus memiliki jam istirahat cukup. Jika istirahat tercukupi, tenaga akan terus terisi sehingga saat melakukan kegiatan apapun tetap semangat dan tidak gampang ngantuk. Kesehatan didalam jiwa bakalan semakin meningkat dan virus tidak mudah menjangkit.

Memperbaiki gaya hidup sehat dengan istirahat cukup dapat menghindarkan penyakit seperti stroke, jantung sampai tekanan darah tinggi. Selain memikirkan kondisi pikiran, kamu juga perlu meningkatkan kondisi fisik. Caranya tentu dengan banyak berolahraga, di mana tidak mesti berat karena olahraga seperti senam atau yoga sudah cukup.

Terlebih kegiatan olahraga di luar ruangan memang dibatasi sehingga tidak mudah melakukan olahraga seperti jogging dan kegiatan olah fisik sejenisnya. Melakukan olahraga secara rutin, maka tubuh semakin baik daya tahannya dari segala virus dan penyakit. Selain itu tubuh bisa tetap bugar meski di rumah terus.

Gaya Hidup Sehat agar tak Mudah Kena Penyakit

Selain olah fisik dan pikiran, menyehatkan diri sendiri bisa juga dimulai dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Makanan dengan kandungan serat tinggi antara lain buah dan sayur yang bermanfaat juga dalam meningkatkan kekebalan tubuh dari virus. Jika tubuh kebal dari virus, penyakit apapun tidak dapat berkembang.

Terlebih lagi saat ini banyak penyakit atau virus bermutasi dan semakin kuat sehingga kita harus menyiapkan imunitas agar lebih kuat. Selain konsumsi buah dan sayur, penting juga untuk memperbanyak minum air putih. Paling tidak setiap hari harus minum sebanyak 8 gelas agar melancarkan sistem tubuh.

Menghindari virus pandemi juga bisa kamu lakukan dengan cara menghentikan kebiasaan merokok. Tentu antara merokok dan risiko terkena virus sangat berhubungan karena kebiasaan buruk ini ternyata berpotensi membuat imun melemah. Selain itu, kita sudah tahu kalau merokok bisa menyebabkan sakit jantung, paru-paru sampai kanker.

Dan terpenting, dalam menghindarkan diri terjangkit Covid-19, menjaga kebersihan adalah nomor satu. Kebiasaan mencuci tangan pakai sabun bisa jadi salah satu aktivitas yang harus rutin dilakukan. Apalagi kalau harus melakukan aktivitas luar ruangan, di mana resiko terkontaminasi virus lebih besar.

Jika kamu menjalankan semua tips diatas, virus penyakit apapun termasuk corona dapat dihindari. Nantinya jika sudah ditemukan vaksin dan virus tidak dapat menyebar lagi, kamu akan diuntungkan karena sudah memiliki kebiasaan baik menjalankan semua gaya hidup sehat tersebut agar tidak mudah terkena virus dan penyakit. (Smartpedia)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles