Saku Kecil di Celana Jeans itu …

KAMU punya dan suka pakai celana jeans? Pernah ngga kamu perhatikan di saku depan celana jeans, ada saku kecil lagi di atasnya. Mungkin bagian ini tidak pernah kamu perhatikan apalagi kamu pergunakan. Ya … mungkin saja dianggap cuma variasi. Padahal jelas ada kegunaan, bahkan ada sejarahnya pula.

Banyak cerita yang menyebut saku kecil ini dibuat untuk menyimpan arloji. Karena itu sering disebut disebut sebagai the watch pocket atau saku jam. Konon pelanggan pertama dari jenis pakaian ini adalah mereka yang bekerja sebagai masinis, tukang kayu, petani, hingga seorang cowboy. Nah, mereka membutuhkan tempat untuk menyimpan dan melindungi jam atau arloji yang mereka miliki. Karena itu, saku kecil ini dibuat untuk menunjang pekerjaan mereka.

Sebelum ditambahkan saku kecil, awalnya celana jeans didesain dengan empat kantong utama saja, dua kantong di bagian depan dan dua kantong di bagian belakang. Namun, karena permintaan pelanggan, saku kecil pun akhirnya dibuat ntuk memudahkan menyimpan jam atau arloji kala itu. Tentu bentuk arloji jam yang digunakan saat itu berupa jam bundar kecil yang dilengkapi oleh rantai belum berbentuk seperti kebanyakan model jam tangan saat ini yang cenderung berukuran besar.

Sudah Dipatenkan Lho!

Pelopor blue jeans Levi Strauss & Co sengaja merancangnya guna mempermudah pekerja di masa lalu yang kerap membawa jam saku. Desain yang dibuat oleh Strauss dan JW Davis itu pun digunakan hingga kini. Rancangan yang diberi nama “Improvement in Fastening Pocket Openings” itu dipatenkan 20 Mei 1873. Sedangkan produksi massal celana jeans dengan rancangan seperti itu baru dilakukan pada 1890 untuk “Lot 501”.

Menurut Tracey Panek, sejarawan Levi Strauss & Co., saku jam adalah fitur dari overall pinggang pertama perusahaannya. Ini adalah elemen asli dari celana blue jeans yang dipertahankan untuk menjaga integritas desain awal. Saat ini, memang banyak yang tidak memfungsikan saku kecil itu. Walau kadang masih ada yang menggunakannya untuk menyimpan koin, cincin, atau barang kecil lain. (Dari berbagai sumber)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles