Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi, Kamu Perlu Tahu

TAK banyak orang yang menyadari pentingnya kemampuan berkomunikasi. Padahal, keberadaannya dalam kehidupan sangat vital. Bahkan di kalangan generasi muda saja, masih banyak orang yang tidak menyadarinya. Padahal, generasi muda seharusnya sangat peka terhadap hal ini. Jika melihat pada kondisi sekitar, kurangnya kesadaran akan hal ini sangat terlihat.

Di luar sana, ada banyak orang yang menghabiskan uang dalam jumlah banyak untuk mempelajari komputer. Selain itu, banyak juga orang yang mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk mempelajari hal lain yang sifatnya akademis. Namun jika dilihat, hanya sedikit orang yang memiliki kesadaran dan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk memperbaiki kemampuan komunikasi.

Bahkan di beberapa kota, sulit mencari pengajar yang memiliki kemampuan untuk mengajari pentingnya kemampuan berkomunikasi. Kebanyakan orang mempelajari hal ini dengan sendirinya di lingkungan. Memang, ada banyak orang yang berhasil dengan cara itu. Namun nyatanya, ada banyak generasi muda yang tidak berhasil dalam melakukan komunikasi di lingkungan.

Mengapa Kemampuan Berkomunikasi Perlu Ditingkatkan

Ada banyak alasan mengapa kemampuan berkomunikasi sangat penting. Alasan pertama adalah tentang menjalin hubungan. Hubungan dan komunikasi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sulit untuk membangun hubungan baik apabila kemampuan komunikasi tidak dimiliki. hal ini bisa dilihat pada hubungan dengan banyak orang.

Salah satu contohnya adalah dengan atasan. Jika kemampuan komunikasi tidak dimiliki, membangun hubungan baik dengan atasan menjadi sangat sulit. Terlebih lagi atasan berbeda dengan teman. Kebanyakan dari mereka hanya menunjukkan sifat terbuka kepada orang yang dirasa cocok. Selain itu, komunikasi juga penting dalam kerja sama.

Apabila kamu memiliki rekan kerja atau rekan bisnis, kerja sama tentu perlu berjalan baik. Dengan kemampuan komunikasi yang kurang, sulit untuk menjalin kerja sama ini. Dalam bekerja sama sendiri, hubungan personal sangat diperlukan. Disini, pentingnya kemampuan berkomunikasi menjadi sangat terlihat.

Dengan itu, kepercayaan dari rekan kerja akan terbangun dalam bekerja sama. Jika kepercayaan saja belum tumbuh antara satu sama lain, menjalin kerja sama pasti akan terasa lebih sulit. Komunikasi juga penting dalam menyampaikan ide. Setiap orang sebenarnya memiliki ide cemerlang dalam kepalanya masing-masing.

Hanya saja, ide cemerlang harus dikomunikasikan dengan cara yang benar. Apabila proses komunikasinya tidak dilakukan dengan baik, seseorang akan sulit menangkap kecemerlangan ide tersebut. ini bisa saja membuat ide tersebut tidak digunakan dan yang digunakan malah ide dengan kualitas lebih buruk.

Efek Buruk Jika tak Diupayakan

Pentingnya kemampuan berkomunikasi juga vital dalam menghindari beberapa efek buruk. Itu karena, efek buruk ini pasti ada apabila seseorang tidak memiliki kemampuan berkomunikasi baik. Efek buruk pertama adalah kondisi tidak menonjol di tempat kerja atau sekolah. Walaupun diri sebenarnya berkualitas, orang lain tidak akan bisa melihatnya.

Orang lain hanya akan bisa melihat apabila kualitas tersebut sudah terbukti secara nyata. Untuk membuktikannya, komunikasi jelas diperlukan. Komunikasi ini dapat dilihat ketika melakukan presentasi atau melakukan komunikasi secara personal. Ketika seseorang tidak memiliki komunikasi yang baik, melakukan hal tersebut sering terasa menakutkan.

Biasanya, kegugupan akan langsung terasa dan membuat segalanya menjadi kacau. Selain itu, tidak dimilikinya kemampuan berkomunikasi bisa membuat seseorang tidak memiliki kesan pertama yang baik saat bertemu dengan orang baru. Kesan pertama ini sangat penting dalam menjalin hubungan. Apabila kesan pertama sudah buruk, akan terasa malas untuk melanjutkan hubungan.

Selain itu, pentingnya kemampuan berkomunikasi juga berhubungan dengan disukai atau tidak disukai. Ketika kemampuan berkomunikasi seseorang dirasa kurang, sangat sulit untuk disukai oleh orang lain. Walaupun tidak semuanya, namun kebanyakan orang pasti merasakan hal ini. Bayangkan kamu sedang berhadapan dengan orang baru.

Lalu orang baru tersebut tidak menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Jalankan untuk tertarik dengan orang tersebut. berdekatan lama saja akan terasa malas. Terakhir, tidak dimilikinya kemampuan berkomunikasi juga membuat kamu terkesan egois. Itu karena, mendengarkan juga salah satu faktor dari komunikasi.

Caranya Mudah Saja

Setelah menyadari pentingnya kemampuan berkomunikasi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meningkatkannya. Meningkatkan kemampuan di bidang tersebut bisa dilakukan dengan beberapa hal. Pertama adalah berhubungan dengan artikulasi. Dalam komunikasi, artikulasi ketika berbicara perlu diperhatikan. Dengan artikulasi yang baik, mendengarkan akan lebih mudah.

Akan menjadi masalah besar apabila artikulasi tidak dimiliki dengan baik. Orang yang berada di hadapan kamu akan sulit mengikuti isi pembicaraan. Itu karena, ucapan kamu sulit dimengerti. Selanjutnya adalah berhubungan dengan kontak mata. Komunikasi juga membutuhkan kontak mata yang baik.

Apabila kamu tidak memberikan kontak mata kepada lawan berbicara, akan terasa sulit untuk menjalin hal tersebut. namun, selalu ingat untuk melakukan kontak mata secara wajar. Jangan sampai melakukannya secara berlebihan sehingga membuat orang lain tidak nyaman. Sebagai contoh adalah ketika melakukan presentasi.

Melakukan kontak mata dengan audience adalah hal penting. Namun, pastikan seluruh audience mendapatkan kontak mata tersebut dan jangan hanya berfokus kepada satu atau dua orang. Manajemen mata juga salah satu poin penting dalam pentingnya kemampuan berkomunikasi. Jangan lupa juga untuk melakukan penyelarasan.

Ketika dua orang memiliki pemikiran yang berbeda, sulit untuk menjalin komunikasi secara positif. Oleh sebab itu, dua orang perlu memiliki sudut pandang yang sama terlebih dahulu. Untuk menyamakan sudut pandang ini, cara termudahnya adalah salah satu perlu melakukan penyelarasan. Dengan itu, koneksi akan terjalin.

Jangan Lupa untuk Memberikan Empati

Pentingnya kemampuan berkomunikasi bukan hanya untuk diri sendiri. ini juga vital untuk orang lain. Oleh sebab itu, hal ini membutuhkan empati. Pastikan untuk menunjukkan posisi yang memperlihatkan bahwa kamu sendiri peduli dengan orang tersebut. salah satu poin penting dalam berempati adalah memberikan waktu untuk lawan bicara.

Jangan sampai kamu terus melakukan komunikasi satu arah tanpa memahami apa yang ada dipikiran lawan bicara. Pastikan untuk mendengarkannya dan peduli dengan semua yang dibicarakan. Memberikan kesan peduli dan peduli dalam konteks nyata adalah dua hal berbeda. Dalam komunikasi, yang dibutuhkan kepedulian nyata.

Selalu pastikan agar menjalin komunikasi dengan sebaik mungkin. Jangan sampai pentingnya hal ini dilupakan. Merasa bisa belum tentu benar-benar memiliki kemampuan akan hal itu. Oleh sebab itu, pelajari hal ini secara terus menerus. Memang pentingnya kemampuan berkomunikasi ini pasti sudah disadari secara vital. (Smartpedia)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansLike
547FollowersFollow
343FollowersFollow

Latest Articles