Memori Ponsel Penuh? Ini Cara Hapus File Tersembunyi Agar Bebas Lemot

SMARTPEDIA.ID – Hampir setiap orang yang memegang gadget ponsel pernah mengalami yang namanya memori penuh. Padahal, kita merasa file-file yang ada di HP sudah dibersihkan. Seperti video, foto atau lampiran dokumen tugas-tugas sekolah yang jumlahnya mungkin bisa sampai ratusan atau bahkan ribuan file dokumen.

Nyatanya, apa yang sudah terhapus dari ponsel itu hanya memberikan pengaruh sesaat saja. Beberapa hari kemudian, setelah kita cek lagi, memori HP kembali penuh. Bahkan, bisa saja sampai berpengaruh pada kinerja gadget kesayangan kita.

Kalau sudah begitu, yang dirasakan pertama kali pasti bingung, tidak tahu harus berbuat apa. Mau menambahnya dengan sematan kartu secure digital (SD Card), harus keluar biaya tambahan. Apalagi, kalau harus mengganti gadget. Ya, pikir-pikir dulu, deh.

Tapi, jangan putus asa dulu. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar memori ponsel kita bisa kembali bernafas lega. Caranya, dengan menghapus residu atau sisa sampah yang tertinggal di memori ponsel kita.

Trik ini pada dasarnya bisa diterapkan untuk semua ponsel merek apapun. Kita hanya perlu tahu dimana letak folder-folder yang berisi residu tersebut.

Nah, mari kita langsung saja masuk ke materi:

1. Aplikasi Chrome. Kita bisa membersihkan sisa sampah melalui aplikasi Chrome yang umumnya sudah terinstal di ponsel kita.

Setelah berhasil ditemukan posisi aplikasi Chrome, kita hanya diminta mengklik hapus data yang biasanya ada di pojok kanan bawah.

Dalam aplikasi Chrome itu tersimpan jejak digital berupa histori pencarian dari sejak awal kita menggunakan ponsel kita.

2. Folder File Manager. Buka File Manager, kemudian di kolom pencarian ketikkan ‘Thumb’. Disitu akan terlihat file thumbnail yang jumlahnya bisa saja cukup banyak. Intinya, apa yang ditampilkan di folder thumb tadi, centang semua lalu bisa langsung dihapus.

3. APK. Masih berada di folder File Manager, ketik lagi di kolom pencarian dengan menulis ‘APK’. Di APK tersebut biasanya tersimpan aplikasi yang diinstal di luar playstore. File aplikasi itu biasanya masih tertinggal biarpun kita sudah menghapusnya.

4. Folder Whatsapp. Posisi file ini masih berada di File Manager. Dengan mengetikkan di kolom pencarian, kita akan dibawa di file yang dimaksud. Di file ini, pertama, masuk di file database. File database ini merupakan simpanan percakapan yang dicadangkan secara otomatis oleh Whatsapp.

Kalau dirasa perlu untuk menghapusnya, enggak perlu segan-segan untuk clear all. Caranya, centang semua file nya dan klik hapus.

5. Media. Cari bagian media yang masih dalam satu folder Whatsapp. Cari file video terlebih dulu. Centang semuanya dan hapus.

Dengan cara yang sama, bisa dipilih lagi pada bagian voice note maupun image (gambar). Disitu banyak tersimpan file-file yang sering dikirimkan melalui WAG. Centang semuanya dan hapus.

6. Setelah selesai melakukan poin 1-5, terakhir, restart HP kalian dan tunggu sampai selesai reboot. Nah, sekarang cek kembali ruang penyimpanan, kini gadget kalian lebih longgar dan bebas dari residu.

Demikian tips singkat ini, semoga bermanfaat. (Way Siswadi)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansSuka
547PengikutMengikuti
343PengikutMengikuti

Latest Articles