Sikap Menghargai Orang Lain yang Sering Diabaikan

SMARTPEDIA.ID – Manusia diciptakan untuk saling berinteraksi satu sama lain. Hidup dan berada dalam sebuah lingkungan tentu membutuhkan orang lain. Dalam kehidupan kita juga dituntut untuk menjaga sikap, atau menjaga attitude dan berbuat baik, serta bermoral. Tentu saja hal ini untuk menjaga agar di antara sesama tidak saling merasa sakit hati.
Namun banyak orang yang melupakan atau lalai untuk menjaga attitude mereka. Hal ini yang sering membuat seseorang tidak respect bahkan timbul rasa tidak suka hingga kebencian.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghargai orang lain, tapi sering diabakan oleh kebanyakan orang.

1. Selalu menjaga sopan santun
Selalu menunjukkan kesopanan dimanapun kamu berada atau berkumpul dengan orang lain. Misalnya ketika kamu berpapasan dengan orang lain, atau bertemu dengan orang lain. Atau ketika kamu sedang bertemu kerabat, teman, orang dekat kalian atau bahkan orang yang ga kamu kenal. Bersikaplah dengan sopan dan baik kepada mereka.

2. Bertata krama yang baik di tempat umum
Lakukan ini jika kamu ingin selalu berbuat baik dengan orang lain dan menghargainya. Karena tanpa punya tata krama yang baik, kehidupan kalian akan kacau. Tata krama sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan kalian agar kehidupan dan interaksi sosial kalian dengan orang lain tetap terjaga dengan baik.

3. Selalu bicara dengan sopan
Kesopanan dalam bicara kepada siapapun dan di manapun adalah poin penting untuk selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Karena jika perkataan kalian tidak sopan bisa membuat orang lain sakit hati dan kehilangan respect pada kalian. Misalnya mengeluarkan kata-kata sangat kasar dan tabu, atau caci maki kepada orang lain. Perbuatan seperti itu akan menyakiti hati dan menghilangkan respect seseorang kepada kalian.
Contoh lain misalnya, ketika kalian butuh bantuan seseorang biasakan kalian menggunakan bahasa yang baik, seperti mengatakan ‘tolong dan terimakasih’. Selalu gunakan kata-kata dengan sopan agar terkesan menghargai walaupun orang itu tidak minta dihargai oleh kalian.

4. Hindari perbuatan yang sifatnya mendiskriminasi
Sikap ini sangat tidak baik dilakukan dalam kehidupan. Baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja, maupun di masyarkat umum. Kita tidak boleh membeda-bedakan satu sama lain. Selalu menjaga sikap dengan baik tanpa harus memandang status seseorang adalah kunci keharmonisan dalam hubungan sosial kemasyarakatan. Jangan sekali-kali meremehkan atau merendahkan seseorang hanya karena status mereka.

5. Selalu minta maaf ketika salah
Perilaku menghargai orang lain bisa dilakukan dengan minta maaf secepatnya ketika kalian sadar telah melakukan kesalahan. Mengakui kesalahan dan meminta maaf tidak merendahkan martabat kalian. Selalu meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan adalah sikap baik untuk saling menghargai dan menjaga kerukunanan antar sesama.

Beberapa hal di atas adalah cara-cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk menghargai orang lain. Selalu berbuat baiklah kepada orang lain karena sesungguhnya setiap kebaikan yang kau tanam akan kembali kepada diri kalian.(maha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

10,254FansSuka
547PengikutMengikuti
343PengikutMengikuti

Latest Articles