Beranda » Kenali Apa Itu LDKS, Tujuan dan Manfaatnya

Kenali Apa Itu LDKS, Tujuan dan Manfaatnya

irhan hisyam 20/03/2023

Smartpedia.id – Saat bersekolah, kamu tentunya pernah atau akan mendapatkan program LDKS. Namun, apa itu LDKS? LDKS sendiri adalah suatu rangkaian kegiatan yang biasa dilaksanakan sekolah untuk para siswa agar memiliki karakter pemimpin yang tegas.

Kegiatan LDKS memiliki tujuan dan manfaatnya tersendiri. Lalu, apa tujuan dan manfaatnya bagi siswa? Untuk itu, sebaiknya simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Apa Itu LDKS?

LDKS adalah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Ini merupakan suatu program kepemimpinan yang dilaksanakan sekolah untuk membangun calon pengurus organisasi di lingkungan sekolah. 

Pada umumnya, LDKS terdiri dari serangkaian kegiatan untuk menciptakan dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan. Secara garis besar, LDKS ini adalah kegiatan, yang mana siswa akan diberikan pelatihan-pelatihan dasar mengenai segala hal tentang kepemimpinan. 

Biasanya, kegiatan yang dilakukan mengharuskan siswa untuk dapat saling bekerja sama, memimpin kelompok, memberi instruksi, dan lain sebagainya.

Tujuan Pelaksanaan LDKS

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu LDKS, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui apa tujuan LDKS. Tujuan dari program LDKS ini sendiri yaitu membentuk karakter kepemimpinan setiap siswa agar mampu memberikan kontribusi terbaik pada keluarga, sekolah, masyarakat, atau lingkungan sosialnya.

Pemberian program LDKS ini sangat penting dilakukan agar setiap siswa diharapkan dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat serta lebih mandiri. Dengan begitu, siswa dapat menjadi pemimpin yang baik di masa depan, baik itu di lingkungan kecil sekitarnya maupun di lingkungan kemasyarakatan.

Manfaat Penting dari LDKS

Manfaat LDKS sangat banyak dan beragam, kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat ini apabila mengikuti program LDKS dari sekolahmu. Lalu, apa saja manfaat dari mengikuti program LDKS? Berikut merupakan 3 manfaat mengikuti kegiatan LDKS.

  1. Melatih Kepercayaan Diri

LDKS menjadi salah satu kegiatan yang sangat tepat untuk melatih dan meningkatkan rasa kepercayaan diri kamu. Dalam kegiatan LDKS kamu akan dilatih untuk menjadi lebih percaya diri dan mampu menyampaikan aspirasi atau pendapat di muka umum.

Tidak hanya itu, kamu juga dituntut untuk saling berinteraksi satu sama lain antar siswa dalam setiap kegiatannya. Kamu akan sering bersosialisasi, bernegosiasi, berdiskusi, dan lain sebagainya dengan orang baru di sekitarmu. Tentu hal tersebut bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

  1. Mampu Memecahkan Masalah

Kegiatan LDKS dapat membimbing kamu untuk menyelesaikan masalah yang ada. Nantinya kamu akan diberikan sebuah studi kasus yang mana kamu dan tim akan saling berdiskusi untuk dapat memecahkan masalah studi kasus tersebut.

Kegiatan seperti ini tentu akan kamu temui di kehidupan sehari-hari, yang mana kamu dituntut untuk dapat memecahkan masalah serta memberikan solusi. Dari kegiatan LDKS ini, kamu akan saling berdiskusi dengan tim untuk memecahkan masalah yang diberikan instruktur.

  1. Menumbuhkan Sifat Kepemimpinan

Manfaat lainnya dari mengikuti LDKS ialah menumbuhkan sifat kepemimpinan. Tanpa sadar, kamu akan melalui serangkaian kegiatan yang mana di dalamnya mengandung unsur kepemimpinan yang kuat. Kamu akan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan kerja sama tim, komunikasi, dan kepemimpinan.

Baca Juga : Apa Pengertian dan Syarat Cumlaude?

Apalagi jika ingin memimpin suatu organisasi, biasanya kamu akan melalui serangkaian tahapan seleksi yang cukup ketat. Seleksi tersebut bisa saja memberikan kemudahan untuk bisa lolos dan menjadi pemimpin.

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah mengetahui apa itu LDKS, tujuan, dan manfaatnya bukan? Saat di sekolah, sebaiknya ikuti dengan baik kegiatan ini hingga selesai. Karena tentu akan memberikan banyak manfaat kedepannya untuk diri kamu sendiri yang ingin menjadi seorang pemimpin.

irhan hisyam

Halo Nama Saya Irhan Saat ini menjadi mahasiswa di prodi sistem informasi di Universitas pendidikan ganesha

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait