Beranda » Yuk Ketahui Apa Itu Leadership dan Jenis Jenisnya!

Yuk Ketahui Apa Itu Leadership dan Jenis Jenisnya!

irhan hisyam 16/03/2023

smartpedia.idLeadership merupakan sebuah kata yang nantinya sering kamu dapatkan dalam sebuah organisasi atau manajemen kelas. Ketika mendengar istilah tersebut, apa yang terlintas dalam benak kamu? Sudah tahukah kamu tentang apa itu leadership?

Nah, agar kamu mengerti dan memahami tentang sebuah leadership, bisa menyimak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Mengenal Apa Itu Leadership

Leadership merupakan istilah dari Bahasa Inggris yang artinya sebagai kepemimpinan. Ada beberapa pengertian dan jenis-jenis dari leadership yang bisa kamu pelajari disini. Berikut penjelasannya.

  • Tentang Leadership

Leadership diartikan sebagai sikap dari seseorang yang dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan sosial dengan langkah tertentu. Hal tersebut juga mempunyai tujuan agar dapat memaksimalkan upaya agar mampu mencapai tujuan tertentu.

Dalam pengertian lain, istilah leadership diartikan sebagai sebuah keterampilan untuk memotivasi, menggerakkan, serta mempengaruhi orang lain supaya bisa mencapai tujuan tertentu.

Leadership kerap kali dikaitkan dengan orang yang memiliki jabatan atau manajer dalam sebuah organisasi atau kelas. Apakah kamu memiliki jiwa sebagai seorang leadership?.

Dalam sebuah organisasi atau kelas, seorang leadership sangat diperlukan untuk membantu mengkoordinasikan seluruh anggota dalam suatu organisasi tersebut. 

Kemampuan seseorang dalam mengelola sebuah anggota atau tim dapat dilihat dari leadership skillnya. Beberapa kemampuan tersebut dapat ditinjau berdasarkan kemampuan komunikasi, kemampuan kepemimpinan lainnya, memiliki integritas, dan pengambilan keputusan.

Selain itu, umumnya seorang leadership juga mempunyai kemampuan dalam manajemen konflik, problem solving, dan relationship building. Apabila kamu memiliki ciri-ciri tersebut, dapat dipastikan bahwa dalam diri kamu terdapat jiwa sebagai leadership.

Baca Juga : Apa Itu Gap Year? Alasan, Kelebihan dan Kekurangan

  • Jenis-Jenis Leadership

Secara umum, ada beberapa jenis leadership yang didasarkan atas sikap dari seorang pemimpin. Berikut adalah bagian-bagian dari jenis leadership lengkap dengan penjelasannya.

  1. Transaksional

Jenis leadership yang pertama, seorang pemimpin cenderung mengutamakan kinerja anggota tim berdasarkan jobdesk yang telah dibagi. Secara umum, seorang leadership jenis ini tidak akan melakukan perubahan dalam anggota tim apabila kondisi telah stabil.

  1. Essential Leadership

Seorang pemimpin dalam kategori jenis ini lebih memperlihatkan pola pikir dan mental dalam kepemimpinan yang tepat. Essential Leadership akan menunjukkan perilaku dan sikap yang dapat memberikan motivasi anggotanya agar dapat memberikan kinerja terbaik dari masing-masing.

  1. Business Leadership

Seorang leadership selalu memperlihatkan kemampuannya dalam hal berpikir secara strategis untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, seorang pemimpin juga memiliki kemampuan dalam melakukan kontrol selama proses eksekusi dalam suatu bisnis.

Adapun tujuan dari leadership jenis ini adalah agar mampu meningkatkan keuntungan atas usaha yang dijalankan baik dalam jangka pendek maupun panjang.

  1. Exponential Leadership

Exponential leadership merupakan sebuah sikap yang dimiliki seorang pemimpin untuk memberdayakan anggotanya agar dapat membantu dalam perkembangan bisnis. Melalui cara ini, bisnis dapat berkembang hingga lebih sukses di masa mendatang.

  1. Team Leadership

Jenis leadership yang satu ini ditunjukkan berdasarkan sikap seorang pemimpin yang dapat mengatasi berbagai halangan dan tantangan selama proses mencapai target bersama.

Tantangan dan hambatan yang dimaksudkan bisa saja berasal dari luar maupun internal. Beberapa halangan dari intern anggota tim yakni emosi, permasalahan pribadi, strategi pribadi, dan jenis hambatan lainnya.

Selain kelima jenis leadership yang telah dijelaskan di atas, masih ada jenis lainnya seperti demokratis, transformasional, otokratis, dan organizational leadership

Penjelasan mengenai apa itu leadership, menunjukkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki jiwa tersebut. Pentingnya leadership dalam sebuah organisasi mampu membawa anggota tim dalam mencapai target bersama. Semoga penjelasan kami kali ini bisa membantu kamu ya!

irhan hisyam

Halo Nama Saya Irhan Saat ini menjadi mahasiswa di prodi sistem informasi di Universitas pendidikan ganesha

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait