Beranda » 3 Pilihan Jurusan SMA di Indonesia, Perlu Kamu Tahu

3 Pilihan Jurusan SMA di Indonesia, Perlu Kamu Tahu

irhan hisyam 10/03/2023

smartpedia.id – Banyak dari lulusan SMP yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dengan memilih SMA. di SMA nantinya akan ada proses pemilihan jurusan SMA yang harus diikuti siswa/siswi SMA. pemilihan nya pun tidak bisa dibilang mudah karena perlu pertimbangan matang agar tidak terjadi salah jurusan.

kita tahu di SMA terdapat 3 jurusan  yang bisa kamu pilih nantinya. diantaranya adalah IPA, IPS dan Bahasa. menentukan dan memilih jurusan tersebut harus berdasarkan latar belakang dan cita – cita kamu. jika cita – cita kamu nantinya menjadi dokter maka di SMA kamu perlu mengambil jurusan IPA.

Pemilihan jurusan sewaktu SMA akan berpengaruh juga ketika mengikuti salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) karena nantinya ada jurusan khusus untuk Siswa IPA (Saintek) yang tidak boleh dipilih oleh siswa IPS (Soshum).

Macam Macam Jurusan SMA 

Jurusan SMA IPA

mungkin kamu sedang bertanya – tanya mengenai jurusan IPA ini, mempelajari apa sih di jurusan ini? sebelum itu jurusan IPA memiliki 2 (dua) julukan ada yang menyebut MIPA (Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam) dan MIA (Matematika dan Ilmu Alam) tapi itu sama saja kok apa yang dibahas.

Jurusan IPA nantinya akan mempelajari mengenai ilmu eksakta yang merupakan ilmu mengenai hal – hal bersifat konkret, nyata, dan dapat dibuktikan dengan berbagai percobaan dan juga penelitian. ada 4 (empat) Mata pelajaran yang wajib kamu ambil, seperti matematika, fisika, kimia dan biologi.

Memilih jurusan IPA bisa berhubungan erat dengan perkuliahan nantinya misalnya kamu ketika kuliah berkeinginan di bidang kesehatan seperti kedokteran, farmasi, keperawatan atau di bidang teknik seperti teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin maka akan sangat cocok di SMA memilih jurusan IPA.

Jurusan SMA IPS

Kalau jurusan IPA lebih ke mata pelajaran eksakta atau hal – hal yang dapat dibuktikan dengan berbagai percobaan. maka Jurusan IPS ini lebih menitik beratkan pada hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan lingkungannya,serta berbagai aspek sosial.

IPS menjadi  salah satu jurusan SMA yang mengandalkan hafalan dan pemahaman sehingga siswa-siswa di jurusan IPS akan lebih unggul di bidang ilmu pengetahuan sosial. mata pelajaran yang wajib diambil adalah Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi.

Dari jurusan IPS,  sewaktu kuliah kamu bisa mengambil pilihan jurusan diantaranya seperti ekonomi, hukum, sejarah, sosiologi manajemen, hubungan internasional dan ilmu lain yang berhubungan dengan sosial. akan tetapi perlu diingat bahwa alumni jurusan IPS tidak bisa mengambil jurusan kuliah anak IPA karena sebelumnya tidak mempelajari secara matang ilmu eksakta.

Jurusan SMA Bahasa

Selanjutnya kamu bisa memilih jurusan Bahasa. terkadang jurusan ini masih jarang ada di SMA, meskipun seperti itu jurusan ini nantinya akan mempelajari mengenai bahasa indonesia, bahasa dan sastra inggris, antropologi, bahasa asing dan bahasa daerah dapat dibilang bahwa jurusan bahasa kaya dengan pengetahuan bahasa dan budaya. 

Di samping mempelajari bahasa indonesia di jurusan ini nantinya juga mempelajari seperti budaya, dan bahasa asing. Antropologi adalah salah satu mata pelajaran  yang akan mengenalkan berbagai budaya dan keanekaragaman manusia termasuk perilaku dan budaya.

Jika kamu berkeinginan kuliah kamu bisa melanjutkan di perguruan tinggi misalnya untuk program studi ilmu komunikasi, sastra dan bahasa, jurnalistik, hubungan internasional, sosiologi, antropologi dan seni.

tentu masih banyak lagi ya, prodi (program studi) yang bisa kamu ambil di bangku perkuliahan nantinya.

Jurusan MA Agama

Mengenai Jurusan Agama adalah jurusan khusus untuk Madrasah Aliyah. mungkin diantara kalian ada yang berkeinginan menimba ilmu di MA (Madrasah Aliyah). di jurusan ini akan mempelajari lebih dalam mengenai ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu fiqih, ilmu kalam, akhlak dan bahasa arab.

Tentunya banyak jurusan Kuliah yang berhubungan dengan agama contohnya seperti Jurusan pendidikan Agama Islam, Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyah, Jurusan Ekonomi islam, jurusan studi agama-agama, dan jurusan komunikasi penyiaran islam.

SMA Kurikulum Merdeka Belajar

Kemenristekdikti telah merilis kebijakan pengembangan kurikulum mandiri yang diberikan pada sektor pendidikan dalam proses pendidikan selama 2022 – 2024. SMA yang sudah menerapkan kurikulum merdeka tidak ada lagi pilihan jurusan IPA, IPS dan Bahasa.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dalam penerapan kurikulum merdeka di jenjang SMA adalah tidak ada lagi penjurusan, Seperti IPA, IPS ataupun Bahasa dihapuskan. para siswa nantinya diperkenankan untuk memilih mata pelajaran kelompok pilihan saat duduk di kelas XI dan XII.

Kurikulum merdeka tidak boleh dipaksakan, penerapan dari kurikulum merdeka akan tergantung kesiapan dan kondisi masing -masing sekolah. Apabila sekolahan masih belum siap maka bisa tetap menggunakan kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pendidikan, serta program darurat merupakan modifikasi dari program tahun 2013 untuk digunakan oleh dunia pendidikan

Itulah tadi beberapa pilihan jurusan yang bisa kamu ambil saat pemilihan jurusan di SMA, kamu juga bisa membaca perbedaan SMA dan SMK di indonesia agar tahu perbedaanya dengan mengerti dan memahami di setiap jurusan hal ini bisa meminimalisir salah jurusan di SMA nantinya.

irhan hisyam

Halo Nama Saya Irhan Saat ini menjadi mahasiswa di prodi sistem informasi di Universitas pendidikan ganesha

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait